Hanya pakai 2 bahan dapur, ini cara menghilangkan kutu dan telurnya agar rambut bebas gatal

Hanya pakai 2 bahan dapur, ini cara menghilangkan kutu dan telurnya agar rambut bebas gatal

Brilio.net - Kutu rambut merupakan parasit kecil yang menghisap darah di kulit kepala. Meski lebih sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa juga bisa tertular kutu rambut. Hewan kecil ini memang bersifat parasit yang bisa merugikan manusia. Nggak hanya rasa gatal saja yang didapatkan, namun kulit kepala bisa terluka dan bahkan mengalami infeksi.

Dikutip dari studi di International Journal of Infectious Disease, beberapa keluhan yang sering dirasakan saat ada kutu rambut di kepala, termasuk rasa gatal di kulit kepala, telinga, dan leher. Rasa gatal ini akan memuncak setelah kutu rambut berada di kepala selama 2-6 minggu. Ukuran kutu dewasa kira-kira sebesar biji wijen, sedangkan telurnya biasanya seukuran serpihan kecil ketombe.

Telur kutu rambut biasanya disimpan oleh kutu rambut betina dewasa pada batang rambut. Ia akan terlihat menempel pada helaian rambut. Kutu dan telur kutu rambut lebih sering ditemukan di kulit kepala, rambut sekitar tengkuk, dan rambut dekat belakang telinga. Keberadaan telur kutu rambut menjadi salah satu masalah rambut menyebalkan, tak terkecuali pada orang dewasa.

Ada beberapa cara menghilangkan kutu dan telurnya yang bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya menggunakan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di dapur. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @kangbayu_reksa.

Cara menghilangkan kutu dan telurnya pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@kangbayu_reksa

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES