Cuma pakai 4 jenis minyak alami, ini cara membuat hair serum untuk atasi rambut kusut dan mudah rontok

Cuma pakai 4 jenis minyak alami, ini cara membuat hair serum untuk atasi rambut kusut dan mudah rontok

Brilio.net - Rambut kusut biasanya akan membuat pemiliknya bergegas untuk menyisirnya. Akan tetapi, saat kamu menyisir rambut kusut tersebut justru rambut rontok yang didapatkan. Rambut kusut dan rontok merupakan masalah sehari-hari yang seringkali disepelekan, padahal tanpa sadar hal tersebut tak jarang merusak suasana hati.

Rambut kusut dan rontok dapat terjadi pada segala jenis rambut, baik rambut panjang maupun pendek, keriting, ikal maupun lurus. Saat rambut kusut dan rontok terjadi, kerap kali kamu akan mengganti produk perawatan rambut. Padahal bisa jadi penyebabnya bukan pada produk perawatan rambut kamu.

Rambut kusut dan rontok biasanya dipicu dengan kondisi rambut yang kering dan rusak. Hal ini terjadi saat kutikula rambut terbuka dan saling tersangkut dengan helai rambut lainnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan rambut kusut dan rontok. Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan menggunakan berbagai produk haircare guna mengatasi permasalahan kusut dan rontok.

Salah satu produk haircare yang digunakan adalah serum rambut. Serum rambut merupakan salah satu rangkaian produk perawatan rambut yang berbentuk cairan konsentrat. Di dalamnya terkandung beragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Nah, daripada kamu membeli produk hair serum dengan harga yang relatif mahal, lebih baik kamu membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitarmu.

Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @pgteddybear97 pada (12/2/2022). Melalui video unggahan tersebut pemilik akun memberikan cara membuat hair serum untuk atasi rambut kusut dan mudah rontok pakai 4 jenis minyak alami. Minyak yang digunakan adalah rosemary oil, cedarwood oil, lavender oil, dan coconut oil atau minyak kelapa.

"diy hair serum & shine," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @pgteddybear97, Senin (10/4).

Cara membuat hair serum atasi kusut dan rontok pakai 4 jenis minyak alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Rosemary oil merupakan salah satu minyak esensial yang mengandung antioksidan, seperti camphene, terpinene, myrcene, terpinolene. Senyawa ini mampu mengurangi radikal bebas penyebab kerontokan rambut. Selain itu, minyak ini bersifat antibakteri dan antijamur sehingga mengurangi infeksi pemicu rambut rontok.

Sementara cedarwood oil mampu mencegah alopecia areata. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit autoimun. Sistem kekebalan tubuh pengidap akan menyerang dan merusak akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Hal ini berkat kandungan antiseptik, antimikroba, antiinflamasi, diuretik dan antijamur didalamnya.

Begitupun dengan lavender oil yang dapat mengatasi rambut rontok karena memiliki sifat antiseptik secara alami. Sifat antiseptik tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala serta menutrisi rambut sehingga rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Sedangkan coconut oil mengandung asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi seperti rambut kusut dan rontok.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES