Cuma pakai 1 bahan dapur, trik mengatasi ketombe basah ini bikin rambut bersih dan bebas gatal

Cuma pakai 1 bahan dapur, trik mengatasi ketombe basah ini bikin rambut bersih dan bebas gatal

Brilio.net - Secara umum terdapat dua jenis ketombe, yakni ketombe kering dan ketombe basah. Ketombe basah sendiri merupakan permasalahan yang cukup banyak dialami orang-orang. Penyebab dan cara mengatasi ketombe basah juga berbeda dengan ketombe kering. Dilansir dari Very Well Health, ketombe basah adalah serpihan berwarna kekuningan yang dihasilkan dari penumpukan minyak di kulit kepala.

Sebenarnya, penyebab ketombe basah adalah penumpukan sebum atau minyak alami berlebih yang menempel dalam waktu lama di lingkungan lembap. Kulit kepala mempunyai kelenjar sebasea (sebaceous) yang berfungsi memproduksi sebum atau minyak alami. Sebum berperan dalam menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap lembap dan mencegahnya kering.

Ketika produksi kelenjar sebasea memproduksi minyak alami dalam jumlah berlebih, misalnya akibat pengaruh hormonal, sebum akan menumpuk pada kulit kepala. Lama-kelamaan, sebum akan menempel pada kulit kepala.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, sebum akan mengendap pada area kulit kepala yang lembap. Sebum yang menumpuk dan lembap tersebut kemudian akan menempel dengan kotoran dan sel kulit mati sehingga membentuk ketombe basah atau ketombe berminyak.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES