Cegah ketombe datang lagi, begini rutinitas keramas yang benar agar rambut tetap sehat

Cegah ketombe datang lagi, begini rutinitas keramas yang benar agar rambut tetap sehat

Dalam video yang berdurasi kurang lebih delapan menit tersebut, pemilik kanal menjelaskan beberapa trik. Trik pertama yaitu sisir rambut terlebih dahulu sebelum keramas. Tahapan yang satu ini bukan tanpa sebab, rambut kusut yang dikeramas membuat folikel rambut ketarik sehingga bisa menyebabkan kerontokan.

"Biasanya kita kalau nyisir kan dari atas ke bawah. Ternyata ini tuh juga salah. Lebih baik kalau kita mau nyisir tuh dari ujung-ujung rambut," jelas Carysha dikutip briliobeauty.net pada Jumat (17/3).

Selain itu, menyisir sebelum keramas bisa membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Dengan cara tersebut, kuit kepala jadi lebih mudah dibersihkan saat keramas.

rutinitas keramas yang benar  berbagai sumber

foto: freepik.com

Trik kedua yaitu jangan terlalu sering mencuci rambut. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alami dan bisa menimbulkan cabang. Trik ketiga, pilihlah sampo yang benar untuk merawat rambut. Tahapan yang satu ini cukup penting karena dapat menyehatkan rambut.

Selanjutnya adalah hindari keramas menggunakan air panas. Penggunaan air panas ini justru bisa merusak kelembapan dan dapat menghilangkan produksi minyak alami. Solusinya, kamu bisa keramas dengan memakai air hangat.

rutinitas keramas yang benar  berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya itu saja, jangan taruh sampo langsung pada rambut. Untuk itu, kamu bisa menuangkan sampo pada tangan terlebih dahulu. Setelah itu, usap-usapkan pada tangan hingga mengeluarkan busa. Kemudian, busa tersebut lah yang digunakan untuk diusap-usapkan pada kulit kepala.

"Inget yah guys sampo itu dipakai di kulit kepala. Kenapa di kulit kepala? Karena bagian yang paling berminyak itu pada kulit kepala," jelasnya.

Selain diusap, kamu juga bisa memijat kulit kepala secara perlahan. Ketika memijat, usahakan tidak menggaruk tetapi menggunakan ujung jari. Hal ini dilakukan agar rambut tidak kusut dan rontok. Tahapan terakhir, bilas sampo hingga bersih tanpa ada yang tersisa.

Jika masih terdapat busa yang menempel, hal ini bisa mengakibatkan ketombe dan lepek. Kemudian, diakhiri dengan mengaplikasikan kondisioner yang sesuai kondisi rambut kamu. Penggunaan hair care satu ini cukup penting, lantaran bisa membuat rambut makin halus, berkilau, lembap, dan tidak kering.

rutinitas keramas yang benar  berbagai sumber

foto: freepik.com

"Cara penggunaan kondisioner ini berkebalikan dengan sampo. Kalau sampo dipakainya di kulit kepala, kalau kondisioner di batang-batang rambut dan ujung-ujungnya yang kering, dan jangan langsung dibalas. Tapi diamkan beberapa menit baru bilas," imbuhnya.

Itulah rutinitas mencuci rambut yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, video mengenai perawatan hair care ini pun ditonton puluhan ribu warganet. Di kolom komentarnya juga banyak diisi tanya jawab dari warganet.

"Kak, emangnya kalau habis keramas rambut suka banyak rontok, ya? Tapi pas udah kering, paling yang rontok hanya 3/4 helai aja. Atau karena aku yang cara shampoo-nya nda benar? Apalagi tadi aku suka usek agresif gitu ke kulit kepala aku buat hilangkan bekas shampoo yang ke sisa," tulis akun @peachyunjinnie.

"Kalo keadaan basah rambut emang lebi rentan rontok apalagi kalo di usek2. Jgn lupa sblm keramas rambutnya di sisir supaya ga kusut dan pas keramas di pijat2 aja," jawab @carysha.

"Kalo rambutnya tebel shampo nya harus rada banyak gak? Soalnya selama ini pake shampoo cuma sebesar coin tapi sudah di busain segala macam di tangan tetap gak merata di kulit kepala," tanya akun @your buddy.

"Sepertinya kurang itu, di tambah aja," jawabnya.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES