Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak, bikin lembut dan antikusut

Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak, bikin lembut dan antikusut

Melalui video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak. Minyak yang digunakan diantaranya adalah, argan oil, castor oil, dan rosemary oil.

"My trick," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @eva_mazzon, Selasa (14/3).

Minyak argan adalah jenis minyak esensial yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah kerusakan rambut. Manfaat argan oil untuk rambut antara lain untuk melembapkan rambut, mencegah kerusakan akibat penataan dan pewarnaan, serta mengatasi kerontokan. Mencegah kerusakan akibat proses penataan dan pewarnaan juga jadi manfaat argan oil untuk rambut.

Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan asam lemak oleat, linoleat, dan palmitat dalam minyak argan memiliki efek perlindungan untuk mencegah kerusakan akibat penggunaan alat styling rambut. Tak hanya melindungi rambut dari kerusakan akibat penataan, fungsi argan oil untuk rambut juga bisa mencegah kerusakan yang timbul akibat kebiasaan melakukan proses pewarnaan. Argan oil mempunyai kandungan antioksidan, seperti vitamin E, yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut.

Sementara castor oil mengandung pelembap alami dan memiliki konsistensi yang cukup pekat, sehingga cocok digunakan sebagai "obat" untuk rambut bercabang dan kering. Castor oil juga sangat baik untuk melembapkan rambut. Minyak tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut yang kering dan kasar. Begitupun dengan rosemary oil yang mampu melembutkan dan menambah kilau pada rambut yang bisa kamu coba.

Studi terbitan Journal of Food Measurement and Characterization (2018) menemukan bahwa minyak rosemary mengandung asam lemak bernama asam linoleat dan asam oleat. Kedua jenis asam ini memberikan lapisan minyak pada batang rambut.

Hal ini mencegah penguapan kadar air pada batang rambut. Jadi, rambut tampak sehat dan halus. Tanda-tanda rambut kering akhirnya bisa berkurang. Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara membuat hair oilnya, yuk simak caranya dibawah ini.

Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@eva_mazzon

Bahan:

1. 1 sendok makan argan oil.
2. 1 sendok makan castor oil.
3. 1 sendok makan rosemary oil.

Cara membuat:

1. Sisir rambut terlebih dahulu agar tidak kusut.
2. Siapkan mangkuk dan masukkan argan oil, castor oil, serta rosemary oil.
3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata.
4. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sembari dipijit perlahan.
5. Sisir kembali agar hair oil lebih merata keseluruh bagian rambut.
6. Diamkan selama 2 jam.
7. Bilas menggunakan sampo sampai bersih.
8. Lakukan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan antikusut.

Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak Berbagai sumber

foto: TikTok/@eva_mazzon

Cara membuat hair oil untuk rambut diwarnai cuma pakai 3 jenis minyak ini sontak viral. Sampai artikel ini ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 137,6 ribu kali dan memperoleh lebih dari 2.900 tanda suka.

@eva_mazzon My trick #diybeauty #hairmaskhomemade #naturalhaircare #beautyhacks #beautytips #hairgrowthtips #scalptreatment #hairtok #healthyhair More Than A Woman - SG's Paradise Edit - Bee Gees & SG Lewis

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES