Bukan pakai jintan dan kopi, ini trik cegah uban tumbuh kembali pakai masker dari 1 jenis umbi-umbian

Bukan pakai jintan dan kopi, ini trik cegah uban tumbuh kembali pakai masker dari 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Tak sedikit orang beranggapan bahwa rambut beruban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu atau putih. Padahal, uban merupakan rambut baru yang tumbuh dengan warna abu-abu atau putih karena berkurangnya kandungan melanin (zat warna rambut).

Harvard Health Publishing menjelaskan, kadar melanin rambut akan semakin menurun seiring pertambahan usia. Semakin sedikit sel-sel melanin dalam folikel, maka rambut baru yang selanjutnya tumbuh akan jadi berwarna keabu-abuan atau perak. Pada akhirnya, rambut akan menjadi putih seluruhnya.

Kebanyakan orang akan mulai beruban pada usia sekitar 30 tahun dan mungkin pada akhirnya akan benar-benar memutih total begitu menginjak usia 50 tahun. Meski begitu, uban dapat muncul pada usia berapa pun. Pada kondisi tertentu, orang-orang berusia muda juga bisa memiliki uban di rambutnya.

Jika pada usia muda uban muncul hanya sehelai atau dua helai, hal ini tak perlu menjadi suatu kekhawatiran. Tetapi jika uban muncul dalam jumlah yang banyak, maka perlu diperhatikan dengan saksama. Hal ini biasanya terjadi karena faktor genetik atau keturunan.

Nah untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini nantinya juga akan membantu agar uban tidak tumbuh lagi. Bukan pakai jintan dan kopi, karena masih ada lho bahan lain yang bisa kamu gunakan. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @user3778231874292 pada 16 Mei 2022.

Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan trik mencegah uban tumbuh kembali pakai masker dari 1 jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah kentang. Selain kentang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu tepung jagung dan minyak kelapa.

"potato keratin hair mask for rough and frizzy hair 100%natural (masker rambut keratin kentang untuk rambut kasar dan keriting 100% alami)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @user3778231874292, Senin (31/7).

Atasi uban tumbuh kembali pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kentang tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memberikan nutrisi untuk tubuh. Namun ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut lho. Hal ini berkat kandungan vitamin C, antioksidan, dan pati yang tinggi di dalamnya. Kentang sangat bermanfaat untuk memulihkan kolagen yang penting untuk pertumbuhan helai rambut yang sehat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES