Bukan pakai henna, ini trik hitamkan uban untuk samarkan rambut putih pakai 1 jenis kulit bumbu dapur

Bukan pakai henna, ini trik hitamkan uban untuk samarkan rambut putih pakai 1 jenis kulit bumbu dapur

Brilio.net - Uban adalah hal alami yang pasti dialami semua orang ketika menua. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin.

Pada uban yang berwarna putih, melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas.

Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetik. Selain faktor genetik, penyebab rambut beruban pada usia muda juga disebabkan oleh stres yang berlebihan.

Karena stres yang berlebihan dapat memperburuk pigmen rambut yang dikarenakan adanya tekanan yang bisa menjadikan pigmen untuk memproduksi kekuatan rambut menjadi melemah. Stres juga bisa menjadikan rambut mudah rontok.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mewarnai rambutmu di salon kecantikan. Namun, bahan kimia dalam pewarna rambut justru dapat merusak rambutmu lho.

Sebagai solusinya, lebih baik kamu memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu menghitamkan rambutmu yang putih karena uban. Bahkan, bukan pakai henna yang kerap kali digunakan oleh kebanyakan orang untuk mewarnai rambutnya. Karena kamu cukup menggunakan 1 jenis kulit bumbu dapur.

Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @tambunbatam1975 pada 14 Desember 2022. Kulit bumbu dapur yang dimaksud adalah kulit bawang putih. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa.

"cara alami menghitamkan rambut yang sdh ubanan," katanya dalam video unggahan, yangbriliobeauty.netkutip dari akun TikTok @tambunbatam1975, Selasa (25/7).

Trik hitamkan uban untuk samarkan rambut putih pakai 1 jenis kulit bumbu dapur Berbagai sumber

foto:freepik.com

Tak hanya sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Mengutip dari Style Craze, bawang putih memiliki senyawa aktif yang bisa membuat pigmen rambut kembali memproduksi rambut hitam.

Bukan cuma bawangnya saja, namun kulitnya pun juga tak kalah bermanfaat dengan isinya. Pasalnya, kandungannya pun tak jauh berbeda dengan kandungan bawang putih pada umumnya.

Kulit bawang putih juga mengandung vitamin C, B1, B6, magnesium, fosfor, biotin dan belerang yang ternyata ampuh untuk menghilangkan uban di rambut. Tak hanya masalah uban, kulit bawang putih juga bisa mengatasi masalah rambut lainnya, seperti rambut kusut dan rambut rontok.

Sedangkan, minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat rambutmu tampak lebih berkilau. Manfaatnya bukan hanya jadi salah satu cara perawatan rambut hitam, tetapi juga membantu menebalkan, membuatnya berkilau, melindungi dari efek buruk sinar matahari, dan menghaluskan rambut.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa mampu melembapkan rambut. Nah, ketika rambut menjadi lembap, ia akan tampak lebih bersinar dan berkilau.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES