Bukan pakai cengkih dan kopi, begini cara mencegah tumbuhnya rambut beruban dengan 2 jenis daun

Bukan pakai cengkih dan kopi, begini cara mencegah tumbuhnya rambut beruban dengan 2 jenis daun

Brilio.net - Sebenarnya merupakan hal normal ketika rambut beruban seiring bertambahnya usia. Namun, ada kalanya uban juga bisa tumbuh pada seseorang yang masih berusia muda atau bahkan remaja. Nah, artinya sebenarnya uban bisa muncul hampir setiap saat.

Seperti yang diketahui manusia memiliki jutaan folikel rambut atau kantung kecil yang melapisi kulit. Folikel menghasilkan rambut dan sel warna atau pigmen yang mengandung melanin. Seiring waktu, folikel rambut kehilangan sel pigmen, sehingga menghasilkan rambut putih yang dinamakan uban.

Apabila genetika atau penuaan menjadi penyebabnya, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah uban. Namun, jika uban muncul disebabkan faktor gaya hidup atau kondisi medis, mungkin masih bisa dicegah. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bukan pakai cengkeh dan kopi, karena pemilik akun TikTok @emma.louise11.11 pada 13 Juni 2023, justru menggunakan 2 jenis daun. Daun yang dimaksud adalah daun rosemary dan oregano.

"So, apparently this concoction stops our hair going grey. Please let us know if you try it and if it works (Nah, ternyata ramuan ini menghentikan rambut kita beruban. Harap beri tahu kami jika kamu mencobanya dan berhasil)," ungkapnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @emma.louise11.11, Kamis (5/10).

Cegah tumbuhnya rambut beruban dengan 2 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sudah sejak lama, bahan alami dipilih untuk menjaga kesehatan rambut, salah satunya rosemary. Daun dan minyak esensial dari tanaman dengan nama ilmiah Rosmarinus officinalis memiliki ratusan senyawa khas, seperti carnosic acid, rosmarinic acid, dan ursolic acid.

Manfaat rosemary untuk rambut banyak digunakan untuk mencegah uban dini. Bukan tanpa alasan, rosemary bersifat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga risiko tumbuhnya uban pun berkurang. Bahkan, kandungan vitamin dan senyawa didalamnya juga mampu merawat folikel rambut dan menutrisinya dari dalam agar terhindar dari berbagai masalah rambut.

Begitupun dengan oregano, dedaunan kecil yang umum dijumpai pada pasta sebagai penyedap makanan ini ternyata juga bisa mencegah tumbuhnya uban lho. Oregano mengandung beberapa enzim yang mengembalikan pigmen, melanin di akar rambut serta memperkuatnya. Kandungan antioksidan, senyawa carvacrol yang memiliki sifat antimikroba, serta vitamin A,C,E, di dalamnya mampu menutrisi kulit kepala dan membuatnya lebih sehat dan terhindar dari uban.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES