Bantu atasi gatal dan lepek, begini trik menghilangkan ketombe membandel pakai 4 bahan dapur

Bantu atasi gatal dan lepek, begini trik menghilangkan ketombe membandel pakai 4 bahan dapur

Melalui akun TikToknya, pemilik akun memberikan trik menghilangkan ketombe membandel pakai empat bahan dapur, yakni yogurt, cuka apel, lemon, dan madu. Tak hanya itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu kondisioner. Semua bahan tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai masker rambut.

Trik menghilangkan ketombe membandel pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Yogurt mengandung sifat anti jamur dan antibakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat antibakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

Sementara cuka apel, kaya akan kandungan vitamin C dan B. Selain itu, fermentasi buah apel ini juga mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit kepala. Kandungan antiinflamasi dalam cuka apel juga membantu mengatasi ketombe. Kemampuan cuka apel menyeimbangkan pH dan membersihkan folikel rambut dari kotoran berguna untuk membantu mengurangi kerontokan rambut.

Lemon juga merupakan salah satu buah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi ketombe di kulit kepalamu. Pasalnya, lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala secara alami. Kadar pH yang seimbang bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe yang membuat kulit kepala terasa gatal.

Tak terkecuali dengan madu yang dapat digunakan untuk membersihkan kulit kepala. Hal ini berkat kandungan antibakteri dan antiseptik di dalam madu. Selain itu, madu juga membantu meredakan gejala ketombe. Kabar baiknya lagi, efek melembapkan dari madu juga berlaku untuk kulit kepala.

Sedangkan kondisioner ditambahkan untuk menutrisi sekaligus melembutkan rambut. Bahkan kandungan yang terdapat pada kondisioner dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti rambut kering dan kusut.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat dan mengaplikasikan masker rambut untuk cegah ketombe ini? Yuk, simak caranya seperti dilansir briliobeauty.net pada Kamis (25/6).

Bahan:

Trik menghilangkan ketombe membandel pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@specsandblazers

1. 1 cup plain yogurt
2. 1/3 cup cuka apel
3. 1/3 cup lemon
4. 1 sendok teh madu
5. 1/3 cup kondisioner

Cara membuat:

Trik menghilangkan ketombe membandel pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@specsandblazers

1. Campurkan bahan-bahan yang pada sebuah wadah
2. Aduk bahan-bahan tersebut sampai merata
3. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut, khususnya bagian kulit kepala
4. Gosok-gosok dan lakukan pijatan secara perlahan
5. Gulung rambut lalu tutup dengan shower cap
6. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner
8. Gunakan secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@specsandblazers Replying to @eyomrdumbbxtch Great for #scalppsoriasis & #dandruffs #4chair #haircare Afro The Influence by Lotus Beatz - LoLo

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES