9 Tips merawat rambut kering untuk pria, rajin gunakan kondisioner

9 Tips merawat rambut kering untuk pria, rajin gunakan kondisioner

Brilio.net - Memiliki rambut kering memang menyebalkan. Rambut menjadi sulit diatur, mudah patah, dan mempengaruhi penampilan. Kondisi ini bukan hanya terjadi pada perempuan saja, pia pun rentan untuk mengalaminya.

Jika dibandingkan dengan wanita, pria mungkin lebih cuek untuk melakukan perawatan rambut. Nah, rambut yang kurang terawat ini lama kelamaan dapat bermasalah. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan rambut, seperti penuaan dan gaya hidup. Selain itu, pemilihan produk yang tidak tepat dan penggunaannya yang asal-asalan bisa menjadi penyebab lainnya dari keringnya rambut.

Seperti yang dilansir dari Healthline, penyebab umum rambut kering termasuk kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, dan kekurangan nutrisi. Pada akhirnya, semua faktor tersebut beradu menjadi satu dan merusak kutikula rambut yang sudah halus. Seiring waktu, minyak alami dapat berkurang secara signifikan sehingga rambut menjadi kering.

Seperti yang diketahui bahwa umumnya, pria dengan rambut keriting cenderung lebih sering mengalami rambut kering. Hal ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut layaknya pada pria dengan rambut lurus atau bergelombang. Meski mengganggu, rambut kering pria bukan menandakan suatu kondisi medis yang serius. Maka dari itu, pria perlu melakukan perawatan rambut guna terhindar dari kerusakan rambut.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah rambut kering, brilio.net telah merangkum sembilan tips merawat rambut kering untuk pria seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10).

1. Jangan terlalu sering keramas.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat yaitu jangan sering keramas dengan sampo. Kebiasaan yang sering dilakukan pria yaitu mencuci rambut dengan sampo. Bahkan tidak sedikit yang mencuci rambutnya dua kali sehari karena kegerahan.

Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, kamu bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

2. Pilih sampo untuk rambut kering.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu memiliki jenis rambut kering, pastikan menggunakan sampo yang dirancang khusus untuk rambut kering pria. Umumnya, sampo untuk rambut kering memiliki kandungan zat yang dapat melembapkan rambut, seperti dimethicone dan cyclomethicone. Tak hanya itu, menggunakan sampo untuk rambut kering juga berperan dalam menjaga kutikula rambut agar mengunci minyak alami sehingga tetap lembap.

Penggunaan produk sampo yang cocok dengan jenis rambut juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan rambut, terlebih bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang sensitif. Hal ini perlu dilakukan karena bila salah memilih sampo bisa mengakibatkan kerusakan rambut yang lebih parah.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sampo yang cocok dengan kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pembersihan rambut yang tepat juga sangat dibutuhkan apabila kamu menggunakan pomade atau hair gel setiap hari.

3. Gunakan air dingin untuk mencuci rambut.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Air dingin lebih disarankan dalam mencuci rambut daripada air panas untuk rambut kering. Hal ini dikarenakan air panas berpotensi untuk merusak rambut. Penggunaan air panas juga bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kepala, sehingga membuatnya menjadi kering dan rapuh.

Kulit kepala akan lebih terhidrasi dengan air dingin karena sifatnya yang dapat menyegel kelembapan rambut. Hal ini juga dapat memulihkan keratin rambut sehingga teksturnya lebih halus dan lembut. Selain itu, air dingin dapat menutup pori-pori rambut sehingga kotoran tidak dapat masuk.

4. Rajin gunakan kondisioner.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Selain sampo, cara mengatasi rambut kering pria berikutnya adalah menggunakan kondisioner. Kondisioner tidak hanya digunakan untuk wanita, melainkan juga perlu untuk merawat rambut kering pria. Pasalnya, sampo dapat menyebabkan rambut kering karena mengikis minyak alami dan nutrisi rambut.

Nah, penggunaan kondisioner bekerja layaknya pelembap yang bertujuan melembapkan kulit kepala, meningkatkan aliran darah, serta menjaganya agar tetap sehat berkilau. Terlebih rambut pria biasanya lebih pendek dan mudah menipis. Jadi, penggunaan kondisioner rambut sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria.

Cara menggunakan kondisioner adalah dengan mengoleskannya pada ujung-ujung rambut dan batang rambut yang biasanya lebih rentan kering. Diamkan selama 20-30 menit, jangan langsung dibilas agar kandungan kondisioner dapat terserap baik oleh helaian rambut. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengoleskan kondisioner rambut sampai ke kulit kepala. Sebab, hal ini justru dapat membuat kulit kepala berminyak.

Mencari kondisioner untuk pria terbilang cukup mudah, ada banyak merek yang bagus. Namun tetap saja perlu mempertimbangkan poin-poin penting sebelum membelinya. Nah, untuk mendapatkan produk kondisioner yang paling sesuai dengan kebutuhan, cek rekomendasi di bawah ini.

5. Keringkan rambut dengan lembut.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Selesai mencuci rambut, keringkan rambut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Hindari terlalu sering menggunakan alat pengering rambut karena suhunya yang panas dapat membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih rentan kering.

Jangan pula menggunakan handuk untuk menggosok-gosok rambutmu jika ingin cepat kering. Pasalnya, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru dapat berisiko merusak kutikula rambut. Kamu juga bisa menggunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

6. Rutin potong rambut.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Tips mengatasi rambut kering pria selanjutnya adalah dengan rutin potong rambut. Potong rambut merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rambut rusak, termasuk rambut kering pria. Oleh karena itu, potonglah rambut secara rutin sebagai cara mengatasi rambut kering dan bercabang.

Jika kamu ingin memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut secara rutin setiap 6 sampai 8 minggu sekali untuk mencegah dan menghilangkan bagian rambut yang kering, kasar, dan sulit diatur.

7. Batasi penggunaan produk styling rambut.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Menggunakan produk styling rambut secara berlebihan, seperti gel rambut, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya juga dapat meningkatkan risiko rambut kering pria. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan dan penampilanmu. Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaan produk rambut saat merapikan atau menyisir rambut.

Jika tetap ingin menggunakan produk rambut, hindari memilih kandungan keras untuk rambut, seperti yang mengandung alkohol, termasuk isopropil alkohol, propanol, propil alkohol.

8. Aplikasikan vitamin rambut

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut pria yang kering kering juga membutuhkan vitamin agar lebih sehat dan kuat. Penggunaan vitamin rambut bisa membantu rambut kering yang kamu alami terlihat lebih bernutrisi.

Ada berbagai produk vitamin rambut yang bisa kamu pilih, tetapi pastikan untuk menggunakan vitamin khusus untuk rambut kering. Tak hanya itu saja, bahkan hair vitamin dinilai lebih intensif untuk melembapkan dan menutrisi rambut. Kandungan vitamin E yang cukup banyak di dalamnya membuatnya lebih bisa menutrisi dan melembapkan tiap helai rambut.

9. Pakai minyak esensial.

Tips merawat rambut kering untuk pria freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kelapa, minyak argan, ataupun minyak zaitun bisa menjadi penyelamat rambut kering bagi pria maupun wanita. Hal ini bisa membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan rambut. Beberapa jenis minyak ini bisa dipakai beberapa jam sebelum keramas atau dipakai semalaman. Jenis minyak ini dapat membantu menutup lapisan luar rambut dengan kelembapan sehingga mampu memperbaiki rambut rusak

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES