7 Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak, atur suhu yang tepat

7 Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak, atur suhu yang tepat

Brilio.net - Rambut adalah mahkota wanita. Wajar bila wanita rela menempuh beragam cara agar rambutnya selalu indah dan sehat. Salah satu perawatan rambut yang sering dilakukan adalah mencuci rambut, lalu mengeringkannya menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut. Menggunakan hair dryer untuk mengeringkan dan menata rambut memang praktis. Namun, memakainya secara terus-menerus ternyata berdampak buruk bagi rambut.

Menggunakan hair dryer merupakan salah satu cara instan untuk mengeringkan rambut, terlebih kalau kamu sedang terburu-buru. Selain lebih cepat kering, rambut juga jadi lebih mudah ditata sesuai keinginan. Cara kerja hair dryer adalah dengan mengeluarkan udara panas yang kemudian diarahkan ke rambut. Sayangnya, suhu panas udara ini dapat merusak lapisan rambut jika terpapar terus-menerus. Helaian rambut dapat menjadi kering, kusam, rapuh dan mudah patah.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan hair dryer sesuai dengan kebutuhan agar risiko rambut rusak bisa diminimalisir. Lantas, bagaimana cara menggunakan hair dryer yang tidak merusak rambut? Yuk, simak tujuh tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak berikut ini, sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (2/12).

1. Hindari pakai hair dryer saat rambut masih sangat basah.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum menggunakan hair dryer, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu menggunakan handuk. Mengeringkan rambut langsung dengan hair dryer saat rambut masih basah, justru akan membuat rambut mudah rontok dan patah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memilih handuk microfiber yang bahannya lembut dan mudah menyerap air, sehingga rambut tak mudah kusut dan kering dengan cepat.

2. Gunakan serum dan vitamin rambut.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Untuk menjaga kesehatan rambut, penggunaan serum atau vitamin rambut dapat membuat kondisi rambut tetap sehat. Pemakaian serum rambut dapat berfungsi sebagai pelindung rambut dari panas, termasuk hair dryer. Jika kamu sering menggunakan hair dryer pada suhu panas, menggunakan serum setelah mencuci rambut sangat dianjurkan. Keringkan dahulu rambut dengan handuk. Sisir rambut dengan jari atau sisir bergigi jarang, lalu oleskan serum.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan vitamin rambut untuk menutrisi rambutmu. Vitamin rambut dapat menutrisi rambut, membuatnya lebih lembut serta mudah diatur. Tak hanya itu, vitamin rambut juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan batang rambut ketika sering dikeringkan menggunakan hair dryer.

3. Gunakan sisir bergigi jarang.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Sisir rambut terlebih dahulu sebelum mengeringkannya dengan hair dryer agar tidak mudah kusut. Namun perlu diingat, hindari menyisir rambut saat kondisi rambutmu masih sangat basah. Rambut cenderung rapuh dalam kondisi ini dan berisiko rontok. Jika kamu ingin merapikan rambut, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai helaian rambut agar lebih mudah dikeringkan. Kalau rambutmu sudah setengah kering, kamu tetap bisa menggunakan sisir ini dengan hair dryer yang disetel pada suhu rendah.

4. Atur suhu yang tepat.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Hair dryer merupakan alat pengering rambut, akan lebih baik jika kamu menggunakannya secara benar. Untuk mengeringkan rambut dengan alat tersebut, sebaiknya kamu memakai suhu yang tingkat terendah dan tidak menggunakan suhu terlalu panas. Sebab udara yang terlalu panas dapat menyebabkan rambut jadi mudah rontok. Suhu panas ekstrem pada alat pengering rambut juga dapat membuat ujung rambut kering dan bercabang.

Agar rambut bisa kering dengan cepat tanpa merusaknya, pemakaian yang ideal untuk sebuah hair dryer adalah 1000-1200 watt atau sekitar 50-60 derajat. Dengan menerapkan suhu dan volume udara yang tepat, proses pengeringan rambut bisa terhindar dari kerusakan.

5. Jaga jarak antara rambut dan hair dryer.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Agar tidak merusak rambut, sebaiknya gunakan hair dryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat dari rambut maupun mengeringkan rambut di bagian kulit kepala. Hal itu akan mencegah hilangnya kelembapan dari rambut. Mulailah mengeringkan rambut dengan cara mendekatkan ujung hair dryer ke rambut dengan jarak minimal 15-20 cm.

Cara ini diklaim mampu menata rambut jadi tetap indah dan sehat. Sebab jika kamu melakukannya dengan jarak yang terlalu dekat, maka akan membuat rambut cepat rusak seperti mudah patah, bercabang dan kering.

6. Bagi rambut jadi dua bagian.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum menggunakan hair dryer, sebaiknya pisahkan bagian-bagian rambut menjadi dua bagian. Jika kamu memiliki rambut tebal atau panjang, cobalah untuk menjepit salah satu sisinya. Mulailah membagi rambutmu mulai dari sisi kanan dan kiri wajah. Gunakan rollbrush untuk membantu mengeringkan rambut. Pembagian ini dilakukan agar pengeringan rambut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan kering merata.

7. Gerakkan hair dryer dan hindari satu titik.

Tips pakai hair dryer agar rambut tidak rusak freepik.com

foto: freepik.com

Pengeringan rambut menggunakan hair dryer harus dilakukan dengan hati-hati dan teknik yang benar. Caranya yaitu ketika menggunakan hair dryer, jangan dilakukan hanya pada satu bagian saja. Sebab panas yang hanya mengenai satu area bisa membuat rambut mudah rontok dan menjadi kering.

Gunakan dua teknik mengeringkan rambut yang berbeda, yaitu mengarahkan alat tersebut ke arah yang berlawanan dengan jatuhnya rambut. Kemudian gerakkan hair dryer ke semua bagian rambut hingga benar-benar kering.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES