7 Cara lakukan hair spa tanpa ke salon, pijat pakai minyak kelapa

7 Cara lakukan hair spa tanpa ke salon, pijat pakai minyak kelapa

Brilio.net - Rambut yang lembut, lembap, berkilau dan mudah diatur merupakan beberapa ciri rambut sehat. Oleh karena itu, rambut perlu dirawat agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga. Karena pada dasarnya, rambut adalah aset yang dapat menunjang penampilan. Namun seperti diketahui, rambut rentan terkena berbagai masalah seperti rambut rontok, patah, bercabang, dan berketombe. Salah satu penyebab dari berbagai masalah tersebut adalah rambut kering.

Rambut kering terjadi ketika rambut tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembapan yang cukup. Kondisi rambut kering akan mengurangi kilaunya dan membuat rambut tampak kusut dan kusam. Penyebab rambut kering utamanya berasal dari kurangnya minyak pelembap alami, atau kelembapan rambut yang tidak terjaga. Rambut kering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengaruh usia, perawatan rambut yang salah, masalah kesehatan, dan sebagainya.

Tak hanya itu, rambut kering juga disebabkan karena produksi minyak di bawah rata-rata yang disebabkan beberapa hal seperti terlalu sering melakukan styling rambut dengan temperatur tinggi, terlalu banyak terpapar sinar matahari berlebih, dan penggunaan produk-produk bahan kimia yang justru merusak rambut.

Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan hair spa. Perawatan rambut seperti hair spa memang terbilang tidak murah. Belum lagi kamu harus keluar rumah dan berpanas-panasan kemudian mengantri di salon. Ada solusi untuk semuanya, yakni melakukan hair spa di rumah. Kamu nggak perlu pergi ke salon dan mengeluarkan biaya banyak demi mendapatkan perawatan rambut tersebut.

Hair spa adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang diberi tambahan vitamin atau serum rambut untuk menutrisi helaian rambut sampai ke akarnya. Manfaat hair spa disebut bisa melembapkan dan memperkuat rambut. Perawatan hair spa cocok untuk kamu yang memiliki rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, serta rambut rusak yang kerap terpapar dengan zat kimia dari penggunaan alat atau perawatan rambut tertentu.

Lantas bagaimana cara lakukan hair spa sendiri tanpa ke salon? Berikut 7 cara melakukan hair spa tanpa ke salon seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11).

1. Pilih produk hair spa yang sesuai kondisi rambut.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Langkah pertama melakukan hair spa sendiri di rumah adalah dengan memilih produk perawatan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Kamu tidak boleh sembarangan memilih produk hair spa-mu ya, karena kamu juga harus melihat kondisi dari rambutmu sendiri. Kamu bisa cek apakah kondisi rambutmu sedang kering, lembap, terlihat kusam atau tidak, dan juga apakah rambutmu dalam kondisi yang rontok atau patah.

Kamu harus mencari produk yang cocok untuk hair spa ini, karena akan membuat rambutmu menjadi lebih sehat dan terawat dengan baik. Kamu juga bisa membaca formulasi yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan pada produk bisa membantu menyehatkan rambutmu. Atau justru kandungannya bisa merusak rambut karena kurang cocok dengan kondisi rambutmu. Jadi, kamu harus lebih teliti ya dalam memilih produk hair spa yang ingin kamu pakai.

2. Pijat pakai minyak kelapa.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Langkah selanjutnya yaitu mulai lah dengan pijatan menggunakan minyak. Pijatan dengan minyak dapat menutrisi rambut dan merangsang aliran darah ke kulit kepala. Kamu dapat menggunakan beberapa minyak pilihan seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, dan masih banyak lagi. Nutrisi dalam minyak dipercaya dapat menyehatkan rambut. Pijatan pada kulit kepala yang lembut membantu kamu untuk rileks dan mengurangi stres. Stres menjadi salah satu penyebab masalah rambut seperti kerontokan. Pijat selama 15-20 menit dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Bungkus rambut pakai handuk hangat.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Langkah selanjutnya adalah penguapan. Langkah ini dilakukan untuk membuat nutrisi dari minyak menembus kutikula rambut. Jadi rambut kering dan kusutmu akan kembali lembap dan lembut. Jika tak memiliki steamer, kamu bisa membungkus rambutmu dengan handuk yang dibasahi oleh air panas. Jika handuk mulai terasa dingin, kembali celupkan ke dalam air panas dan ulangi lagi. Proses penguapan bisa dilakukan cukup selama 10-15 menit.

4. Bersihkan rambut dengan baik.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Setelah penguapan, waktunya untuk mencuci rambut. Kamu disarankan untuk menggunakan sampo bebas sulfat untuk mencuci rambut. Sebagian besar sampo bebas sulfat dilabeli dengan "bebas SLS" atau "bebas SLES". Cuci rambut hingga minyak dirasa hilang dan rambut benar-benar bersih. Pastikan untuk menggunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan, karena air yang terlalu panas bisa membahayakan akar rambut kamu dan rentan membuat rambut rontok.

Nah, setelah melakukan keramas, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut. Pemakaian kondisioner ini akan memberikan perawatan ekstra pada rambutmu, dan tentunya memperbaiki rambutmu yang rusak akibat styling. Pemakaian kondisioner bisa dimulai dari batang hingga ujung rambutmu.

5. Gunakan hair mask.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, kamu harus membilas rambutmu terlebih dahulu. Nah, untuk memaksimalkan tahapan dari hair spa ini, kamu bisa mengaplikasikan hair mask untuk mengembalikan kesehatan rambutmu. Pastikan kamu memilih produk hair mask yang sesuai dengan kondisi rambutmu, ya. Pemakaian hair mask ini juga tergolong sangat mudah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan hair mask pada rambut hingga merata.

Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan masker rambut yang ada di pasaran. Atau, kamu juga bisa meracik krim spa sendiri dari bahan-bahan dapur seperti madu, telur, alpukat, pisang, bahkan teh hijau. Biarkan masker rambut meresap selama 15-20 menit.

6. Bilas rambut.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Saat dirasa sudah cukup, kamu bisa bilas hair mask hingga bersih dengan air mengalir. Pada langkah ini, rambut kamu akan ter-recharging dengan baik serta menghilangkan capek pada rambut dan kulit kepala. Cukup bilas dengan menggunakan air dingin bersih, tanpa perlu mencuci dengan sampo dan kondisioner lagi. Pastikan seluruh krim terbilas bersih dari rambut dan kulit kepala. Sisa produk perawatan pada rambut dan kulit kepala malah dapat berisiko munculnya ketombe. Gosok lembut seluruh bagian kulit kepala untuk memastikan sisa krim creambath telah terbilas sempurna.

7. Akhiri dengan menggunakan serum.

Cara lakukan hair spa tanpa ke salon freepik.com

foto: freepik.com

Langkah mudah melakukan hair spa sendiri di rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan serum rambut. Setelah menyelesaikan semua langkah hair spa ini, pakailah serum pilihanmu sebagai rangkaian terakhirnya. Kamu bisa mengaplikasikan serum rambut dari kulit kepala, kemudian pijat-pijat dengan lembut. Usahakan memakai serum rambut saat rambutmu sudah setengah kering, ya. Jangan menggunakan hair dryer dan biarkan rambutmu kering dengan alami.

Jauhkan rambutmu dari panasnya hair dryer karena rambutmu sudah berada dalam kondisi yang rileks. Jadi, mengeringkan rambut dengan udara saja adalah pilihan yang tepat untuk langkah akhir dari hair spa di rumah ini. Tidak perlu lagi membilas rambut, biarkan serum tersebut meresap sempurna pada rambutmu, dan memberikan nutrisi yang di butuhkan rambut.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES