7 Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau, rutin gunakan hair oil

7 Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau, rutin gunakan hair oil

Brilio.net - Rambut adalah salah satu faktor penunjang penampilan yang tidak boleh diremehkan. Dengan rambut yang sehat dan terawat, seseorang mampu meningkat kepercayaan dirinya. Oleh karena itu, sebaiknya perlu merawat rambut dengan benar, karena akan sangat disayangkan bila penampilan sudah oke, tetapi rambut tampak kusam. Di saat kutikula rambut terpisah dan terbuka karena rusak, cahaya memantul secara tidak merata, yang menjadi penyebab rambut kusam.

Segala sesuatu yang merusak kutikula rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, dan tidak bernyawa. Rambut kering dan rusak memiliki kutikula rambut yang tidak merata serta terlihat kusam dan kasar. Berbagai kondisi seperti penumpukan kotoran, minyak berlebih, sel kulit mati, serpihan ketombe, dan residu produk haircare, yang tidak dibersihkan dengan tepat, menyebabkan rambut kusam.

Sementara, rambut bervolume dan berkilau, dianggap lebih menarik serta menunjukkan kesehatan tubuh. Sehingga orang-orang yang mempunyai rambut kusam akan minder dan berusaha untuk memperbaikinya. Rambut berkilau didapatkan karena adanya minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak di folikel rambut. Jumlah minyak yang hanya sedikit di kulit kepala, jadi penyebab utama rambut menjadi kusam dan kering.

Melansir dari emedihealth, kurangnya minyak di kepala disebabkan oleh malnutrisi, kekurangan nutrisi penting (zinc, folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E), serta hipotiroidisme. Bukan itu saja, rambut kusam juga bisa terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari, aliran darah yang kurang lancar, hingga perubahan hormon.

Mau tahu cara mengatasi rambut kusam agar senantiasa tampak berkilau? Yuk simak tujuh cara berikut ini, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/11). Beberapa cara ini mungkin bersifat sementara, namun menunjukkan hasil memuaskan.

1. Hindari keramas setiap hari.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi rambut kusam yang pertama adalah menghindari keramas setiap hari. Terlalu sering keramas bisa menghilangkan minyak alami rambut yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepalamu. Jika minyak alami rambut hilang, maka rambutmu akan berubah kering dan kusam. Khusus untuk yang terlahir dengan kulit kepala berminyak, kamu bisa coba menggunakan dry shampoo agar rambut tetap wangi dan tidak lepek.

Kamu bisa keramas dua hari sekali dan sesuaikan juga sampo dengan kondisi yang rambutmu sedang alami. Jangan gunakan sampo untuk masalah yang sedang tidak terjadi pada rambutmu. Apabila rambutmu kering sehingga menjadi kusam, gunakanlah sampo yang dapat melembapkan rambut serta mengembalikan kilau alaminya.

2. Rutin menggunakan kondisioner.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Untuk mengatasi rambut kusam, kondisioner adalah salah satu hal penting yang sebaiknya tak kamu lewatkan. Cara mengatasi rambut kusam dengan kondisioner yang tepat ini akan menghidrasi rambut dan mengembalikan kutikula rambut. Hidrasi akan memperkuat rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Hasilnya, rambut akan sehat, kuat, berkilau, dan tidak mudah patah. Namun, kamu sebaiknya tak mengoleskan kondisioner pada akar rambut yang justru akan membuat rambut kusam. Idealnya, gunakan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut yang paling kering.

3. Keringkan rambut dengan tepat.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Mengeringkan rambut dengan tepat dapat membantu menghaluskan dan menambah kilau rambut. Pastikan kamu selalu mengeringkan rambut secara manual menggunakan handuk microfiber. Apabila terlalu basah, cukup serap air di rambut dengan handuk, jangan digosok. Jika harus menggunakan alat styling panas karena terburu-buru, atur panas agar tidak berlebih dan gunakan hair protectant untuk menghindari kerusakan rambut jangka panjang.

4. Sisir rambut secara lembut dan perlahan.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Sisirlah rambut dengan lembut. Jangan menyisir rambut dengan kasar. Hal ini dapat merusak kulit kepala. Selain itu, rambut bisa jadi kusam dan kering. Salah pilih sisir dan menyisir rambut dalam keadaan basah juga bisa menjadikan rambut tampak kusam, lho. Sebaiknya, hindari sisir yang terbuat dari bahan plastik yang keras karena bisa bisa menggores kutikula rambut dan menyebabkan rontok.

Untuk menjaga kutikula rambutmu tetap halus dan berkilau, sebaiknya pakai wet brush. Sesuai namanya, wet brush aman dipakai untuk menyisir rambut basah karena punya sikat yang fleksibel dan lembut. Kamu juga bisa menggunakan sisir jenis boar bristle brush atau biasa juga disebut groaming brush. Jenis sisir ini memiliki bulu-bulu halus di sekitar sisir yang membantu menyebarkan minyak alami pada rambut. Boar bristle brush ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah di kepala.

5. Rutin Trimming.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Bagian ujung rambut paling rentan berubah kusam dan bercabang. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya rutin lakukan trimming setiap dua atau tiga bulan sekali. Selain merapikan dan menjaga rambutmu agar tetap in shape, memotong ujung rambut berguna untuk membuang bagian rambut yang kering dan bercabang. Dengan memotong ujung rambut, rambutmu akan lebih sehat karena semua helaian rambut mendapatkan minyak alami dari kulit kepala.

6. Rutin gunakan hair oil.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Rajin menggunakan hair oil sebagai pelembap bisa jadi cara mengatasi rambut kusam yang paling mudah untuk dilakukan. Seperti yang kamu tahu, rambut memang memiliki minyak alami tapi kadar ini bisa berkurang jadi untuk membantunya kamu bisa menggunakan hair oil. Terlebih, ada banyak minyak alami yang bisa kamu jadikan pilihan. Kamu bisa rutin menggunakan minyak argan, minyak camellia atau tea seed oil, minyak zaitun, minyak almond, ataupun marula oil secara bergantian. Tak hanya bikin rambutmu berkilau, rambut juga jadi tebal, halus, dan mudah diatur.

7. Batasi pemakaian dry shampoo dan rawat pakai produk haircare yang tepat.

Cara kembalikan rambut kusam jadi berkilau freepik.com

foto: freepik.com

Dry shampoo bermanfaat untuk menjaga rambut tetap segar di antara waktu keramas. Namun produk ini sering meninggalkan residu yang menyebabkan rambut menjadi kusam. Rambut yang bersih akan memantulkan kilau lebih baik daripada rambut yang tertumpuk residu. Kamu disarankan memakai clarifying shampoo seminggu sekali untuk menghilangkan residu produk hair care dari kulit kepala.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menghindari penggunaan produk haircare yang tidak cocok dengan jenis rambut kamu. Jika kamu memiliki rambut yang diwarnai, gunakan produk yang diformulasikan khusus dengan perlindungan UV. Rambut kusam tidak cocok menggunakan deep conditioner karena akan membebani rambut. Biar rambut terhidrasi dengan baik, jangan malas untuk selalu pakai vitamin dan serum rambut setiap selesai keramas.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES