11 Cara menghilangkan uban secara alami, pakai minyak almond

11 Cara menghilangkan uban secara alami, pakai minyak almond

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa rambut orang Indonesia pada umumnya berwarna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Namun, terkadang muncul rambut yang memiliki warna abu-abu atau putih yang biasa di sebut dengan uban.

Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.

Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis. Selain faktor genetis atau genetik, penyebab rambut beruban pada usia muda juga disebabkan oleh stres yang berlebihan.

Mengutip Healthline, para peneliti dari Harvard University mengamati kortisol, yakni hormon stres yang melonjak di dalam tubuh ketika seseorang sedang dalam kondisi tertekan. Jika terjadi terus-menerus, melonjaknya hormon kortisol ini ternyata dapat memengaruhi sistem saraf simpatik. Saraf ini ada di seluruh tubuh, termasuk di folikel rambut.

Bahan kimia yang dilepaskan ketika seseorang sedang stres, khususnya norepinefron, menyebabkan sel induk penghasil pigmen warna rambut menjadi aktif sebelum waktunya. Karena dipaksa aktif sebelum waktunya, maka cadangan pigmen warna menjadi cepat habis. Inilah yang menyebabkan munculnya uban.

Munculnya uban di usia muda memang hal yang membuat panik. Uban dianggap mengganggu penampilan dan juga membuat kepercayaan diri menjadi berkurang. Namun, di balik masalah tersebut, ada cara menghilangkan uban dengan bahan alami. Menggunakan bahan alami, pastinya akan aman dan mudah diatasi.

Bahan-bahan alami ini nantinya akan mengembalikan kesehatan rambut dan membuat uban segera menghilang dengan sendirinya. Seperti sebelas cara menghilangkan uban secara alami berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/5).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES