8 Cara merawat kuku mudah rapuh pakai bahan alami, bisa gunakan lemon

8 Cara merawat kuku mudah rapuh pakai bahan alami, bisa gunakan lemon

Brilio.net - Bagi sebagian orang kuku adalah hal yang sangat penting, terutama bagi kaum hawa. Dilansir dari Healthline, kuku terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin. Tak hanya di kuku, keratin juga menjadi bagian penyusun sel rambut dan tubuh manusia. Beberapa kondisi dan penyakit dapat membuat kuku rapuh, mudah patah, dan pecah. Kondisi kuku rapuh dalam dunia medis disebut onychoschizia.

Kuku rapuh terjadi ketika ia mudah retak, gampang pecah, atau terkelupas. Hal ini bisa terjadi karena pemiliknya semakin tua atau bisa juga karena perawatan. Penggunaan cat kuku jangka panjang bisa membuat kuku menjadi lebih rapuh. Penyebab kuku rapuh tergantung pada jenis kerapuhan yang terjadi.

Jika kerapuhan termasuk kategori kering, bisa jadi karena kelembapan yang terlalu sedikit. Terlalu banyak mencuci dan mengeringkan kuku bisa jadi penyebab utamanya. Namun jika masuk kategori rapuh basah, maka kelebihan kelembapan air jadi masalah utamanya. Kondisi ini biasanya terjadi karena terlalu sering bersentuhan dengan detergen, pembersih rumah tangga, dan penghapus cat kuku.

Perawatan kuku agar kuat dan tidak cepat patah tidak harus dilakukan di salon dengan harga mahal. Karena kamu bisa merawat kuku yang mudah rapuh menggunakan beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu temui dengan mudah. Seperti delapan cara merawat kuku mudah rapuh pakai bahan alami berikut ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/5).

(brl/lin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES