7 Manfaat beras untuk kecantikan, serta cara membuatnya jadi masker

7 Manfaat beras untuk kecantikan, serta cara membuatnya jadi masker

Brilio.net - Beras yang biasa diolah jadi nasi ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan, lho. Baik buat kulit wajah maupun tubuh. Misalnya dapat membantu wajah kian cerah. Beras pun bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus di sekitar wajah, dan memudarkan bintik hitam.

Manfaat ini bisa didapatkan karena masker beras memiliki beberapa komponen bioaktif seperti ferulat, ekstrak asam fitat, dan PABA. Komponen tersebut biasa ditemukan di dalam produk perawatan kulit wajah maupun tubuh.

Penasaran seperti apa lengkapnya manfaat dari beras untuk kecantikan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (18/3).

1. Membersihkan wajah secara optimal.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cocok buat kamu yang punya kulit sensitif. Hal ini karena beras punya kemampuan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Debu dan kotoran membuat wajah kamu gampang berjerawat, lho. Nah, salah satu solusinya kamu bisa menggunakan beras menjadi masker.

Tekstur beras yang agak sedikit berpasir bisa dijadikan sebagai eksfoliasi alami. Eksfoliasi menggunakan berasa bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran yang ada di wajah.

2. Meremajakan kulit.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Beras yang dibuat sebagai masker bisa membuat kulit wajah kamu menjadi kencang. Adanya kandungan selenium di dalam beras dipercaya dapat menjadi antiinflamasi. Selain itu kandungan tersebut juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Bahkan tidak hanya itu, kolagen dalam kulit pun akan meningkat dengan begitu elastisitas kulit tetap terjaga.

Cara memanfaatkan beras jadi masker adalah dengan mencampurkan putih telur, madu, dan tepung beras. Kemudian oleskan ke wajah hingga rata dan tunggu sampai kering. Kemudian bilas menggunakan air bersih.

3. Menjadi antioksidan alami.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Kecantikan kulit dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kesehatan. Jika kulit tidak dirawat dengan baik, bisa timbul berbagai permasalahan wajah seperti komedo, jerawat, tanda-tanda penuan dini, dan kulit menjadi lebih sensitif. Nah untuk mengatasi semua itu kamu bisa membuat masker dari beras.

Masker beras memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan sel-sel pada wajah. Caranya membuat masker beras dengan mencampurkan bubuk tepung beras, bubuk cokelat, gula, dan madu. Kemudian aduk hingga kental. Lalu oleskan ke kulit secara rata.

4. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pori-pori wajah yang membesar pastinya sangat mengganggu penampilan. Nah, pori-pori yang membesar bisa menyebabkan debu dan kotoran dari luar mudah masuk ke dalam kulit. Kotoran dan debu pun dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat dan komedo di wajah.

Dengan menggunakan masker beras secara teratur, pori-pori di wajah akan mengecil secara perlahan. Cara membuat masker beras ini dengan mencampurkan tepung beras dan putih telur. Aduk hingga rata. Lalu aplikasikan masker ke wajah. Diamkan hingga beberapa saat dan bilas sampai bersih.

5. Menghilangkan flek hitam.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu faktor penyebab flek hitam pada wajah adalah karena terkena paparan sinar matahari. Nah, kamu dapat mengatasi masalah flek hitam dengan memanfaatkan masker beras.

Cara membuat masker untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan mencampurkan 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu. Lalu oleskan secara merata ke wajah. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.

6. Mengatasi jerawat.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak sekadar mengecilkan pori-pori, beras juga bisa mengobati jerawat. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan membuat masker beras yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Ketiga bahan tersebut ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah, lho.

Campur 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, 2 sdm gel lidah buaya hingga rata seperti pasta. Lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 5 menit lalu bilas.

7. Menghaluskan kulit.

Manfaat beras untuk kecantikan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Beras bisa membuat kulit menjadi halus karena mengandung vitamin B dan E. Dua vitamin ini dapat menghaluskan kulit dan hebatnya lagi tidak ada efek samping. Jika ingin hasil optimal, kamu bisa membuat masker beras yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti madu dan minyak zaitun.

Caranya campurkan 1 sdm tepung beras, 1 sdt oatmeal, dan beberapa tetes madu. Diamkan hingga oatmeal lunak. Lalu aplikasikan masker ke wajah secara merata sambil digosok perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.

(brl/lut)

tags

Advertising
Advertising
STORIES