7 Manfaat bawang merah untuk wajah, atasi jerawat meradang

7 Manfaat bawang merah untuk wajah, atasi jerawat meradang

Brilio.net - Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur penting yang selalu ada di setiap masakan. Keberadaannya sangat penting untuk menambah cita rasa masakan jadi lebih enak dan lezat.

Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu dasarnya. Bawang merah dalam nama ilmiahnya dikenal dengan Allium cepa. Ia termasuk sebagai salah satu bumbu masak utama untuk berbagai jenis makanan yang ada di dunia.

Mungkin selama ini yang kita tahu bawang merah hanya digunakan untuk memasak, tetapi ternyata memiliki manfaat yang begitu baik untuk kecantikan, loh. Tak perlu takut akan efek samping, karena bawang merah termasuk rempah yang aman digunakan sebagai perawatan kecantikan. Bawang merah selain kandungan allium yang membuat baunya sangat khas, bawang merah juga mengandung quercetin yang merupakan antioksidan untuk melawan peradangan.

Manfaat bawang merah untuk wajah dan kecantikan dapat dirasakan saat seseorang mengonsumsinya secara langsung atau diubah menjadi olahan seperti masker.

Dalam bawang merah terkandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, mineral kromium, kalium, karbohidrat, dan air. Rempah berjenis umbi akar ini juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan hingga kecantikan. Lantas apa saja manfaatnya?

Berikut brilio.net mengulas tujuh manfaat bawang merah untuk wajah, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/3).

1. Mengatasi jerawat meradang.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Dalam bawang merah terdapat kandungan quercetin yang merupakan antioksidan yang melawan peradangan. Tak hanya itu, bawang merah juga memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan anti-inflamasi yang memberikan keajaiban pada kulit. Ini adalah antiseptik kuat yang melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Untuk melakukannya, kamu cukup mencampurkan parutan bawang merah dan minyak zaitun dengan komposisi 1:1. Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Membuat kulit wajah glowing.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Bawang merah mengandung vitamin A, C dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi tersebut melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan karena sayuran adalah antiseptik yang kuat, ia juga dapat melindungi kulit dari bakteri yang menyebabkan masalah.

Vitamin C-nya dapat membuat kulit terlihat lebih glowing. Cara membuat masker bawang merah ini adalah dengan menyiapkan dua sdm tepung beras, satu setengah sdm jus bawang merah, dan setengah sendok teh susu. Gunakan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Melawan efek penuaan dini.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Bawang adalah salah satu sumber quercetin, antioksidan paling kuat yang dapat menjaga kulit wajah bebas kerut. Kandungan vitamin dan belerang juga dapat melindungi kulit dan membuatnya tetap lembut dan kenyal.

Kualitas anti penuaan bawang merah dapat dikaitkan dengan keberadaan fitokimia yang kaya akan zat sulfur. Hanya dengan memijat kulit wajah dengan jus bawang merah segar saja akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, serta meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan, dengan memberikan penampilan yang lebih muda.

4. Menghilangkan flek hitam.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Jus bawang merah sangat baik untuk menghilangkan flek hitam dan pigmentasi. Berbagai macam fitonutrien dan antioksidan dalam bawang merah bermanfaat untuk menyehatkan kulit, sekaligus dapat menghilangkan kotoran kulit.

Cara membuatnya adalah dengan melumatkan bawang merah sampai halus dan aplikasikan ke wajah. Setelah 15 menit, cuci wajah dengan air kelapa. Air kelapa ini akan bereaksi dengan asam yang ada di bawang merah. Hasilnya, bisa membantu mengurangi noda hitam di wajah.

5. Mencegah infeksi.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Manfaat bawang merah untuk wajah lainnya adalah mencegah infeksi pada kulit. Bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memainkan peran penting dalam menghilangkan racun dari aliran darah yang dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh termasuk kulit pada wajah.

Bahan organosulfur seperti bawang merah juga membantu detoksifikasi karsinogen, sehingga sangat ampuh dalam mengatasi infeksi penyebab jerawat. Gunakan bawang merah yang dihaluskan untuk menjadi masker pada wajah.

6. Mengangkat sel kulit mati.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Bawang merah ternyata juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa membasuh wajah dengan susu yang sudah didinginkan, kemudian keringkan dan aplikasikan masker bawang merah dan diamkan selama beberapa menit. Cara ini bisa membantu membersihkan pori dan mengangkat sel kulit mati. Jika dilakukan secara rutin, kamu pun bisa menjadikan ini langkah eksfoliasi yang alami.

7. Mencerahkan wajah.

7 Manfaat bawang merah untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Tak hanya serum vitamin C saja yang bisa mencerahkan wajah. Kamu juga bisa menggunakan vitamin C di bawang merah untuk membuat kulit lembut dan lebih cerah. Vitamin C yang terkandung dalam bawang merah ini akan memudarkan wajah kusam dan berperan sebagai eksfoliasi alami untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah. Caranya adalah dengan melumatkan bawang merah sampai halus lalu campurkan dengan air mawar. Aplikasikan masker bawang merah di wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES