7 Cara mengatasi kulit wajah mengelupas agar lebih mulus

7 Cara mengatasi kulit wajah mengelupas agar lebih mulus

Brilio.net - Kulit yang mengalami kering hingga melupas terkadang memang membuat kita gelisah dan menjengkelkan. Kulit kering hingga menyebabkan kulit terkelupas membuat kita merasakan perih dan tentunya tidak nyaman. Jika kamu mengalami kulit kering, jangan biarkan hingga mengelupas ya Sobat Brilio.

Kulit kering biasanya akan memberikan beberapa efek, seperti kulit berwarna kemerahan dan terjadinya peradangan pada kulit. Dilansir dari Medicalnewstoday.com pada Jumat (11/2) terdapat beberapa alasan kenapa kulit wajah bisa mengelupas. Di antaranya karena reaksi dari penggunaan atau produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu.

Dilansir dari Healthline.com (11/2), penyebab lain dari terjadinya kulit mengelupas, yaitu adanya kondisi eksim dan psoriasis. Selain itu kondisi cuaca juga sangat berpengaruh. Seperti halnya udara dingin, suhu air panas, serta kelembapan udara yang mengalami fluktuasi bisa menjadi penyebab utama mengelupasnya kulit.

Sebagian orang yang mengalami kulit mengelupas, mereka akan menutupinya dengan riasan makeup. Namun, tentunya cara ini tidak akan bertahan lama.

Sembari menutupnya dengan makeup, kamu bisa melakukan cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas. Berikut ini brilio.net kutip dari berbagai sumber, Jumat (11/2), cara mengatasi kulit wajah mengelupas.

1. Menghindari produk yang menjadi penyebab utama kulit mengelupas

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Pexels / Monstera

Cara yang pertama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab kulit wajah kamu mengelupas. Jika penyebab utamanya datang dari penggunaan skincare atau makeup, kamu harus menghindari produk itu.

Terdapat beberapa produk dengan bahan tertentu yang harus kamu hindari. Beberapa contoh kamu harus menghindari produk dengan kandungan alkohol, asam alfa hidroksil, dan benzoil peroksida.

Selain ketiga kandungan tersebut yang harus kamu hindari. Bahan lain yang harus kamu hindari adalah kandungan Retinoid topikal. Retinoid tropikal ini memiliki versi yang sama dengan sintetis vitaminn A yang sering digunakan diberbagai produk kecantikan.

2. Mencukupi kebutuhan air

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay / Congerdesign

Ketercukupan air sehari-hari ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Mencukupi kebutuhan air sehari-hari akan membuat kita terhindar dari kulit mengelupas. Jika kebutuhan air sehari-hari kamu tercukupi, kulit yang mengelupas akan segera pulih kembali.

Selain mencukupi kebutuhan air sehari-hari, kamu juga harus menyeimbangkan dengan asupan kandungan lainnya. Kamu harus menyeimbangkan dengan konsumsi sayur dan buah-buahan. Selain itu selama kulit masih mengalami pengelupasan, terdapat makanan yang harus kamu hindari. Makanan tersebut yang mengandung lemak tinggi.

3. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Pexels / Tijana Drndarski

Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat untuk kecantikan yaitu mengatasi kulit yang mengelupas. Adanya kandungan asam lemak jenuh di dalam kelapa yang bersifat emolien. Emolien inilah yang akan membuat kulit menjadi halus dan lembap.

Untuk menggunakannya kamu bisa mecampurkan minyak kelapa dengan madu. Dengan begitu manfaat dari minyak kelapa dan madu bisa untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Caranya cukup mudah, campurkan madu dengan minyak kelapa. Lalu oleskan ke bagian kulit wajah yang kering.

4. Mengeringkan wajah dengan lembut

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Freepik / user18526052

Kebiasan mengelap wajah pakai handuk secara kasar setelah mandi, bisa membuat kulit kering dan mengelupas. Agar kulit tidak mengalami kering dan terkelupas, kamu cukup dengan menepuk-nepukan secara halus handuk ke wajah. Dengan cara ini, maka akan membuat kamu terhindar dari kulit kering dan mengelupas.

5. Menggunakan lidah buaya

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Freepik / Jcomp

Lidah buaya dikenal sebagai herbal yang memiliki khasiat untuk kecantikan wajah. Tak heran jika banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan utama lidah buaya. Salah satu manfaat dari lidah buaya yaitu untuk mengobati kulit terbakar karena paparan sinar matahari. Dilansir dari Medicalnewstoday.com kamu bisa menggunakan gel lidah buaya pada area kulit yang terkena paparan sinar matahari, kemudian baru lah menggunakan tabir surya dengan SPF 45.

6. Menggunakan pelembap wajah dan pelembap udara

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Freepik / PVproductions

Cara mengatasi kulit mengelupas selanjutnya, yaitu dengan rutin menggunakan pelembap wajah secara rutin. Pelembap yang bisa digunakan, yakni pelembap yang memiliki kadar air tinggi. Dengan begitu pelembap dapat berfungsi untuk menghidrasi kulit wajah.

Disarankan menggunakan pelembap yang mengandung ceramide, asam hyaluronic, shea butter, urea, squalene, aloevera, oatmeal dan minyak kelapa. Selain menggunakan pelembap wajah, kamu bisa juga menggunakan humidifier atau pelembap udara. Pelembap udara ini akan berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara dalam suatau ruangan. Selain itu penggunaan humidifier bisa membantu mengatasi kulit kering.

7. Menggunakan pembersih lembut dan terbebas dari pewangi

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay / Boaphotostudio

Cara untuk mengatasi kulit kering selanjutnya yaitu dengan menggunakan pembersih yang lembut dan tidak mengandung parfum. Kamu harus menghindari pembersih yang memiliki kandungan sabun seperti detergen dan antibakteri, dan produk yang mengandung alkohol yang membuat kulit menjadi kering.

Agar tidak mengalami kebingungan, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan bahan asam hialuronat, seramida, dan gliserin. Penggunaan tiga bahan tersebut pada produk dapat bisa memberikan hidrasi sebagai pencegahan kulit kering.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES