7 Cara mengatasi biang keringat di wajah, bisa gunakan baking soda

7 Cara mengatasi biang keringat di wajah, bisa gunakan baking soda

Brilio.net - Biang keringat bisa terjadi pada orang dewasa dan muncul pada beberapa bagian tubuh, terutama wajah. Biang keringat menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, biang keringat juga sangat mengganggu penampilan. Namun biang keringat yang muncul di wajah bisa diatasi dengan berbagai cara. Cara mengatasi biang keringat bisa menggunakan bahan-bahan alami atau dengan menggunakan obat dokter.

Biang keringat atau nama lainnya miliaria adalah salah satu permasalahan kulit yang ditandai dengan bintik merah. Biasanya muncul pada bagian leher, jidar, punggung, dada, paha, bahkan wajah. Biang keringat akan bereaksi langsung pada sinar matahari. Kulit akan terasa sangat gatal jika terkena sinar matahari langsung. Tidak hanya gatal, tetapi kulit terasa perih.

Biang keringat yang muncul di wajah disebabkan oleh kelenjar keringat pada tubuh yang tidak bisa keluar dari kulit karena terjadinya peradangan sehingga timbul ruam panas. Penyebab lain munculnya biang keringat di wajah adalah faktor lingkungan dengan cuacanya panas dan lembap, faktor penggunaan obat-obatan tertentu, dan penggunaan pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik.

Nah, lantas bagaimana cara mengatasi biang keringat yang terjadi di wajah? Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/2).

1. Soda kue

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Freepik

Cara pertama kamu bisa menggunakan baking soda untuk mengatasi biang keringat di wajah. Soda kue memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah terjadinya infeksi. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu siapkan dua sendok baking soda, air dingin, dan lap.

Pertama larutkan baking soda ke dalam air dingin. Dan celupkan lap ke dalam larutan baking soda. Kemudian usapkan dengan lembut ke bagian wajah yang mengalami biang keringat. Lalu diamkan beberapa menit dan bilas.

2. Oatmeal

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/martinhetto

Oatmeal tidak hanya membantu untuk mengatasi jerawat saja. Tetapi juga berguna untuk mengobati biang keringat di wajah. Oatmeal akan membantu proses pengelupasan kulit dan membersihkan saluran keringat yang tersumbat penyebab. Caranya cukup dengan mengoleskan oatmeal ke wajah dengan takaran 1 hingga 2 cangkir oatmeal. Lalu rendam oatmeal kurang lebih 15 hingga 20 menit dengan menggunakan air hangat. Kemudian oleskan dengan lembut ke bagian wajah.

3. Es batu

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/sebastiannikiel

Es batu bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi biang keringat di wajah. Biang keringat bisa terjadi karena suhu tubuh yang berada dalam keadaan kondisi panas. Dengan menggunakan es batu, biang keringat akan teratasi karena es batu bisa untuk meredakan kulit yang iritasi dan kulit kemerahan.

Cara penggunaan terlebih dahulu siapkan es batu secukupnya dan handuk. Lalu taruhlah potongan es batu ke dalam handuk. Kemudian kompreskan ke bagian wajah yang mengalami biang keringat.

4. Kayu cendana

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: learnreligions.com

Dilansir brilio.net dari Healthline, Minggu (27/2) kayu cendana memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Cara penggunaan kayu cendana untuk membantu mengobati biang keringat yaitu dengan cara mencampurkan bubuk kayu cendana dengan air. Lalu dioleskan secara perlahan.

5. Jahe

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/josephmucira

Selain kayu cendana, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati biang keringat yakni jahe. Jahe ampuh untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Cara penggunaan yaitu dengan menyiapkan 1 ruas jahe, air biasa dan lap. Pertama-tama haluskan terlebih dahulu jahe tersebut. Kemudian dicampurkan dengan air dan rebus hingga beberapa menit. Diamkan sebentar hingga air mencapai suhu normal. Jika sudah gunakan lap untuk mengoleskannya ke bagian wajah yang terkena biang keringat.

6. Lidah buaya

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/endriyanayana

Cara untuk mengatasi biang keringat di wajah kamu bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi biang keringat hanya dengan mengambil daging lidah buaya. Kemudian oleskan ke bagian wajah. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari untuk sembuh dari biang keringat.

7. Daun mimba

Cara mengatasi biang keringat di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/sudipbauri

Daun mimba biasa disebut dengan daun neem. Daun ini berkhasiat untuk mengobati biang keringat yang muncul di wajah dan bagian tubuh lainnya. Sifat antimikroba dan anti radang pada daun mimba membuat daun ini bisa membantu mengobati biang keringat. Caranya cukup mudah yakni hanya dengan menghaluskan daun mimba. Kemudian campurkan dengan air dan oleskan secara merata ke bagian wajah yang terkena biang keringat. Diamkan hingga beberapa menit dan bilas dengan air bersih.


(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES