7 Cara membuat scrub eksfoliasi wajah pakai kopi bubuk, cerahkan kulit

7 Cara membuat scrub eksfoliasi wajah pakai kopi bubuk, cerahkan kulit

Brilio.net - Perawatan kulit dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan rumahan. Salah satu bahan rumahan yang bisa digunakan adalah kopi. Butiran halus kopi bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Oleh karena itu kopi sering dimanfaatkan untuk membuat scrub eksfoliasi wajah. Seperti yang dilansir dari American Academy of Dermatology, eksfoliasi atau pengelupasan adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Eksfoliasi juga dapat membuat kulit lebih halus.

Eksfoliasi wajah dengan kopi dipercaya memberikan manfaat berkat kandungan antioksidan di dalam kopi. Hal ini selaras dengan kutipan dari American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Menurut berbagai sumber, kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat. Oleh karena itu, penggunaan scrub kopi bisa membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Scrub dengan kopi juga membantu meningkatkan sirkulasi. Hal ini dapat bermanfaat untuk melancarkan oksigen dan menutrisi kulit lebih maksimal.

Kafein dalam kopi diduga dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi lekukan yang terbentuk pada kulit. Kulit kemungkinan juga menjadi lebih kencang karena aliran darah meningkat dan cairan tidak menumpuk di jaringan kulit. Kopi juga kaya akan antioksidan yang dikenal mampu merawat kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Antioksidan bekerja dengan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh, tak terkecuali kulit wajah. Tak hanya itu, butiran kopi mampu mengelupas lapisan sel kulit mati sehingga sel-sel kulit yang baru dan sehat dapat muncul ke permukaan. Hasilnya, kulit pun tampak lebih lembut, cerah, dan sehat.

Eksfoliasi adalah langkah pengangkatan kotoran dan sel kulit mati dengan pembersihan mendalam. Kandungan karbon dari kopi bersama dengan kafein akan membantu mengangkat kotoran yang terperangkap dalam pori-pori kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati yang masih melekat pada wajah.

Manfaat kecantikan kopi sebagai eksfoliasi dan pencerah ini sudah dikuatkan dengan riset pada tahun 2007 oleh University of Rio de Janeiro, Brazil. Cara ini akan membantu mencerahkan kulit, mengatasi noda pada wajah, pigmentasi dan keluhan kulit kusam yang biasa terjadi. Dengan metode eksfoliasi, kulit yang sudah rusak akan terangkat dan kulit sehat di bawahnya akan muncul.

Lantas bagaimana cara membuat scrub eksfoliasi wajah pakai kopi bubuk? Berikut tujuh cara membuat scrub eksfoliasi wajah pakai kopi bubuk, seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/4).

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES