7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan, mudah dan praktis

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan, mudah dan praktis

Brilio.net - Memiliki kulit kering akan sangat mengganggu penampilan. Kulit kering dapat memicu munculnya permasalahan kulit lainnya seperti penuaan dini hingga kusam. Tidak heran permasalahan kulit kering ini kerap membuatmu kurang percaya diri.

Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan buah-buahan yang ada di kulkasmu.

Buah-buahan dipercaya memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kulit wajah. Seperti Vitamin C, yang penting untuk menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin A, yang berperan dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencegah dan membantu mengurangi kerutan di kulit, mencegah penuaan dini, dan mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV. Serta kandungan antioksidan tinggi yang mampu membantu melembapkan kulit wajah dengan maksimal.

Kulit yang lembap akan menahan air pada jaringan lapisan bawah kulit dan dapat menampilkan rona alami wajah, menjaga tekstur wajah agar tetap elastis, serta tampak sehat dan segar. Tak hanya itu, memiliki kulit yang lembap juga akan terhindar dari iritasi dan masalah-masalah kulit lainnya akibat kurangnya hidrasi pada kulit wajah.

Salah satu perawatan yang dapat kamu lakukan untuk membantu melembapkan kulit menggunakan buah-buahan adalah dengan masker wajah. Masker yang berasal dari buah-buah alami juga dikenal ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering.

Kulit kering atau xerosis ini, biasanya disebabkan lantaran kekurangan cairan. Enggak cuma itu, kondisi cuaca yang dingin dan kurangnya kelembapan di udara juga menjadi penyebab kulit kering.

Ingin tahu caranya? Berikut tujuh cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (6/3):

1. Pepaya

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Buah pepaya kaya akan vitamin A dan enzim yang disebut papain. Kedua kandungan tersebut bertindak sebagai eksfoliator alami karena mampu membersihkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu melembapkan kulit dengan maksimal.

Masker pepaya juga mempunyai manfaat dalam menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Selain itu, pemakaian masker secara rutin pun diyakini bisa menunda tanda penuaan kulit, menyamarkan garis-garis harus, bekas luka, noda hitam, dan membantu hidrasi kulit sehingga terhindar dari kulit kering.

Cara membuat masker dari buah pepaya ini adalah dengan menyiapkan dua potong pepaya dan satu sendok madu. Lumatkan pepaya hingga halus kemudian campur dengan madu. Setelah tercampur dengan rata, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

2. Alpukat

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Alpukat kaya akan antioksidan serta alfa dan beta karoten. Berbagai senyawa ini bisa melindungi kulit dari radikal bebas, kerusakan, dan penuaan dini akibat paparan sinar matahari secara langsung dan polusi lingkungan.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam buah alpukat juga dapat melembapkan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Nutrisi penting lain yang terdapat dalam alpukat di antaranya adalah betakaroten, lesitin, dan asam linoleat.

Kandungan-kandungan tersebut bersama dengan vitamin E dapat membantu melembapkan kulit. Cara untuk membuat masker ini adalah dengan menyiapkan satu buah alpukat dan satu sedok madu. Kupas alpukat dan pisahkan dengan bijinya.

Kemudian lembutkan alpukat dan campur dengan madu hingga merata. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

3. Pisang

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Buah pisang kaya akan vitamin B6 dan C yang merangsang pembentukan kolagen. Pisang juga secara alami mengatasi masalah hiperpigmentasi dan efek sunburn. Ternyata pisang memiliki manfaat utama untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Kekenyalan kulit bisa didapatkan dengan menjaga kelembapan kulit wajah.

Pisang adalah salah satu buah yang dapat membantu melembapkan kulit wajah berkat kandungan vitamin A didalamnya. Vitamin A berfungsi untuk mengembalikan kelembapan dan memperbaiki kulit kering.

Cara membuat masker pisang adalah dengan menyiapkan setengah potong pisang, setengah sendok madu, dan satu sendok teh lemon. Lumatkan pisang hingga lembut dan campur ketiga bahan tersebut hingga merata.

Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang lembap dan kenyal.

4. Tomat

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Tomat mengandung lycopene yang membantu kulit menyerap lebih banyak oksigen. Hal ini tidak hanya penundaan penuaan, tapi juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Tomat juga dapat mencegah jerawat timbul lagi karena mengecilkan pori. Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya berguna untuk melembabkan kulit, karena tomat mengandung banyak kalium sehingga bisa mengatasi kulit yang kekurangan mineral.

Cara membuat masker dari tomat ini adalah dengan menyiapkan satu buah tomat, satu sendok makan oatmeal, dan satu sendok teh plain yoghurt. Haluskan tomat kemudian campurkan oatmeal dan plain yoghurt hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Jeruk nipis

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Walaupun rasanya asam tetapi jeruk nipis sejak dahulu dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk merawat kulit wajah. Hal tersebut berkat kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A dan antioksidan yang terdapat di dalam jeruk nipis. Beberapa kandungan pada jeruk nipis tersebut mampu mencerahkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, dan menyamarkan noda hitam.

Selain mencerahkan dan mencegah kerutan, Jeruk nipis juga bisa melembabkan wajah Anda. Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, jeruk nipis mampu menghidrasi kulit secara maksimal. Hasilnya kulit akan terasa lembab dan kenyal.

Cara membuat masker jeruk nipis ini adalah, mencampurkan satu sendok makan perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu murni. Kemudian oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

6. Mentimun

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Timun mengandung 96 persen air. Kandungan ini membantu untuk melembapkan kulit yang kusam.

Selain itu, mentimun juga dapat membersihkan dan melembutkan kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, serta meremajakan kulit. Penggunaan masker mentimun secara rutin dipercaya dapat membuat kulit lebih segar, sehat, dan bercahaya.

Cara membuat masker mentimun ini adalah campurkan mentimun yang sudah du haluskan dengan seperempat gelas susu segar dan satu sendok makan madu. Kemudian aduk secara merata dan oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

7. Semangka

7 Cara melembapkan kulit wajah pakai buah-buahan pexels.com

foto: pexels.com

Buah semangka mengandung air yang tinggi sehingga mampu membantu menghidrasi kulit yang kering. Buah semangka juga dapat menyegarkan kulit, mencegah kerusakan sekaligus menjaga kelembapan kulit. Buah ini bisa dijadikan masker yang dicampur dengan madu untuk mendapatkan wajah yang lembap secara optimal.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan jus semangka dengan satu sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran kedua bahan yang sudah diaduk itu ke seluruh wajah, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES