5 Cara menghilangkan merkuri di wajah, kulit kembali sehat

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah, kulit kembali sehat

Brilio.net - Produk skincare yang beredar di pasaran memang banyak sekali jenisnya. Mulai dari produk yang berasal dari dalam maupun luar negeri, dengan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Terkadang kita lengah dan tidak mengecek terlebih dahulu apakah produk skincare yang kita gunakan aman dan tidak mengandung bahan berbahaya untuk kulit.

Tidak sedikit produk skincare yang beredar ternyata mengandung bahan berbahaya dengan klaim yang menawarkan wajah putih dan glowing secara instan. Tanpa disadari kebanyakan orang salah memilih produk bermerkuri, dan mengalami efek buruk yang justru berbahaya dan merusak kulit.

Meski larangan penggunaan merkuri pada produk skincare dan kosmetik telah digalakkan sejak bebrapa tahun lalu, nyatanya masih banyak oknum pedagang nakal yang menjual produk bermerkuri dengan berbagai macam klaim untuk memberikan perubahan instan pada wajah dengan harga yang murah.

Merkuri dapat bertindak sebagai zat pemutih, dan memiliki sifat pengawet tertentu yang dapat membantu memperpanjang masa simpan produk. Merkuri akan sangat berbahaya untuk kulit wajah karena ketika dioleskan pada wajah akan menyebabkan iritasi kulit, ruam, dan perubahan warna pada kulit. Bahkan dapat menyebabkan keracunan merkuri dengan toksisitas pada ginjal dan sistem saraf.

Tapi bagi kamu yang telah terlanjur menggunakan produk bermerkuri, jangan khawatir. Tenangkan diri sejenak, dan lakukan cara untuk menghilangkan merkuri di wajahmu dan tetap wajib memeriksakan wajah ke dokter untuk memastikan kondisi wajahmu ya.

Sebelum memahami cara menghilangkan merkuri kita harus memahami tandanya terlebih dahulu. Wajah yang terkena merkuri akan muncul flek-flek hitam, muncul jerawat tersembunyi, iritasi, wajah terasa gatal dan perih, terbentuk jaringan parut, hingga muncul ruam pada wajah.

Berikut, 5 cara menghilangkan merkuri di wajah yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/2).

1. Skin Fasting

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah pexels.com

foto: pexels.com

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan merkuri di wajah adalah dengan melakukan skin fasting. Skin fasting adalah menghentikan pemakaian produk skincare dan make up untuk sementara. Cara ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang makin parah pada kulit.

Dengan skin fasting diharapkan dapat membuat kulit sejenak bernapas. Sehingga sel-sel kulit dapat meregenerasi diri lebih maksimal, seperti sebelum dirangsang oleh produk skincare.

2. Perbanyak mengonsumsi air putih

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah pexels.com

foto: pexels.com

Air putih ternyata tak hanya berfungsi untuk mengurangi haus dan dehidrasi pada tubuh saja. Namun juga bisa menjadi detox yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Agar kadar merkuri pada tubuh segera hilang, perbanyak minum air putih untuk membantu proses detox pada tubuh. Dengan begitu racun akan terbuang melalui urine dan keringat. Selain mengonsumsi air putih, olahraga juga penting dilakukan untuk membuang racun dari kulit wajah.

3. Detox tubuh dengan konsumsi makanan sehat

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah pexels.com

foto: pexels.com

Detox tubuh dengan konsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk menghilangkan merkuri secara cepat. Dilansir dari jurnal Nutrients, beberapa jenis makanan ini akan mengikat logam berat dan membuangnya dalam proses pencernaan.

Di antaranya adalah, makanan mengandung probiotik, teh hijau, tomat, blueberry, brokoli, lemon, ketumbar, bawang putih, kari, dan spirulina. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin dan mineral juga akan melindungi tubuh.

Menurut The Scientific World Journal, asupan serat yang cukup dalam tubuh juga menjadi salah satu cara menghilangkan merkuri di wajah. Berbagai makanan kaya serat, seperti buah dan biji-bijian, dapat membantu menghilangkan logam berat. Para peneliti dalam studi ini telah menemukan bahwa serat mampu mengurangi kadar merkuri di otak dan darah.


4. Konsumsi suplemen

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah pexels.com

foto: pexels.com

Mengonsumsi suplemen yang berguna untuk menghilangkan logam berat seperti merkuri dalam tubuh bias menjadi pilihanmu. Beberapa jenis suplemen yang dapat dikonsumsi yaitu pektin jeruk yang telah dimodifikasi dan zat dari rumput laut coklat dapat menurunkan toksisitas merkuri pada tubuh hingga 74 persen.

Selenium juga akan membantu menghilangkan merkuri dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa selenium bermanfaat bagi orang-orang yang sedang mengalami paparan merkuri.

Tak hanya itu, suplemen asam amino dan asam alfa-lipoat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu detox pada tubuh akibat merkuri. Tapi, jangan lupa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu ya sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.


5. Mengganti produk skincare

5 Cara menghilangkan merkuri di wajah pexels.com

foto: pexels.com

Mengganti produk skincare bisa dilakukan apabila kulit dirasa sudah lebih baik dan tidak ada lagi tanda-tanda iritasi. Sebagai pelajaran, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare sebelum menggunakannya.

Selalu perhatikan dengan teliti label pada kemasan sebelum membelinya, baca terlebih dahulu komposisi dari produk yang akan kamu gunakan. Hindari produk yang mengandung kata-kata mercuric, mercurio, mercury, cercurous chloride, dan calomel.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES