13 Manfaat minyak kelapa untuk wajah, bantu samarkan pori-pori

13 Manfaat minyak kelapa untuk wajah, bantu samarkan pori-pori

Brilio.net - Ada banyak manfaat minyak kelapa untuk wajah. Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan paling sering dilihat oleh banyak orang. Oleh sebab itu, masalah di wajah bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Beruntungnya saat ini banyak masyarakat yang mulai peduli terhadap kecantikan kulit mereka.

Baik wanita maupun pria kini sudah mulai merawat kesehatan kulit mereka dengan menggunakan menggunakan skincare yang kini sudah banyak terjual di pasaran. Selain menggunakan skincare dari merek terkenal, sebagian masyarakat juga masih menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan kulit mereka.

Sejak zaman dahulu, bahan alami untuk kecantikan bisa ditemukan di rumah. Mulai dari rempah-rempah hingga tanaman herbal. Salah satu bahan alami yang populer untuk menjaga kesehatan kulit adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki sifat emolien yang dapat membantu melembapkan kulit. Ada juga kandungan asam lemak dan asam asam linoleat dapat membantu dan memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi masalah jerawat dan iritasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat minyak kelapa untuk wajah seperti dilansir dari berbagai sumber,Sabtu (26/3).


1. Sebagai makeup remover

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik.com

Manfaat minyak kelapa untuk wajah yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai makeup remover. Minyak kelapa diperkaya ampuh untuk membersihkan kotoran dan membantu mengangkat sel kulit mati di wajah. Kandungan bahan alami di dalamnya mampu membersihkan dan memberi nutrisi pada wajah.

Caranya sangat muda, tuangkan minyak kelapa di kapas lalu usapkan ke wajah secara merata, pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih dan tidak ada sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah.

2. Kurangi peradangan

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, terkadang menimbulkan peradangan dan kemerahan di wajah yang mengganggu penampilan. Bahkan wajah yang meradang juga bisa membuat rasa perih dan tidak nyaman.

Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan minyak kelapa. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi di dalam minyak kelapa mampu meredakan peradangan. Kamu cukup oleskan minyak kelapa ke area wajah yang memiliki masalah jerawat meradang. Lakukan perawatan ini hingga jerawat mengempis.

3. Bantu menyembuhkan luka

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat minyak kelapa untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu menyembuhkan luka. Ketika wajah kamu memiliki luka bekas goresan atau luka jerawat, bisa segera diatasi dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba yang dapat mencegah infeksi dan iritasi di wajah. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di wajah lalu diamkan selama semalaman, bilas keesokan harinya.

4. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/macrovector_official

Masalah bibir kering dan pecah-pecah sering dialami oleh banyak orang. Hal tersebut terjadi karena kurang minum air putih dan juga paparan sinar matahari. Masalah bibir kering dan pecah-pecah ini harus segera diatasi karena sangat mengganggu penampilan dan tak jarang menimbulkan rasa perih.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan manfaat minyak kelapa untuk wajah. Kandungan vitamin pada minyak kelapa ini mampu meningkatkan kelembapan bibir. Caranya dengan olesan minyak kelapa ke bibir saat malam hari dan bilas keesokan harinya.

5. Menghaluskan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Kandungan vitamin dan zat aktif pada minyak kelapa juga dapat membantu menghaluskan kulit. Minyak kelapa mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering dan kasar. Dengan rutin menggunakan minyak kelapa ke kulit, wajah akan akan terasa halus dan lembut.

6. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik.com

Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Dilansir dari Healthline, minyak kelapa memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang dapat menenangkan kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke wajah setiap malam hingga jerawat mengempis. Diamkan hingga semalaman dan bilas dengan air biasa.

7. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Paparan sinar matahari jadi salah satu faktor kulit kurang kolagen, akibatnya kulit jadi kering, kendur, dan muncul kerutan. Untuk itu, kamu perlu mengatasinya dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk wajah dapat meningkatkan produksi kolagen pada wajah sehingga kulit kembali kenyal, kenyal, dan lembap.

Caranya kamu cukup pijat lembut wajah dengan minyak kelapa setiap malam. Selain merangsang produksi kolagen, cara ini juga dapat membuat wajah kamu lebih rileks.

8. Menenangkan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Minyak kelapa mengandung bahan alami dan zat aktif yang dapat membantu menenangkan kulit. Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan untuk massage wajah. Perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Apalagi setelah seharian wajah terkena makeup dan matahari, pasti wajah terasa lelah. Dengan diberi pijatan lembut, wajah akan kembali rileks dan tenang.

9. Menyamarkan noda hitam

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik.com

Manfaat minyak kelapa untuk wajah juga bisa untuk menyamarkan noda hitam. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Caranya cukup oleskan minyak kelapa ke area wajah yang memiliki noda hitam, diamkan hingga meresap dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan kasar. Untuk itu kamu perlu membersihkan sel kulit mati di wajah. Salah satu caranya dengan scrub. Kamu bisa scrub menggunakan minyak kelapa yang dicampur gula merah atau kopi. Usapkan ke wajah secara lembut. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu.

11. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/user18526052

Manfaat minyak kelapa untuk wajah yang jarang diketahui adalah dapat dijadikan sebagai tabir surya. Minyak kelapa murni dapat menghasilkan sekitar 8 SPF, minyak ini masih dapat digunakan karena melembabkan kulit dan membuatnya tidak mudah terbakar. Kendati demikian, kamu harus tetap menambahkan tabir surya dengan kadar minimal 30 SPF.

12. Membantu mencegah penuaan dini

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Penuaan dini di wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan minyak kelapa. Kandungan antioksidan pada minyak kelapa dapat membantu mencegah masalah penuaan dini di wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup rutin mengoleskan minyak kelapa sebagai pelembap untuk hasil yang maksimal.

13. Melembapkan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

foto: Freepik/kroshka_nastya

Manfaat minyak kelapa untuk wajah yang terakhir adalah dapat membantu melembapkan kulit. Minyak kelapa mengandung bahan aktif dan bahan alami yang bagus untuk meningkatkan hidrasi kulit sehingga tetap terjaga kelembapannya. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa setiap malam dan bilas keesokan harinya. Wajah pun akan terasa kencang dan kenyal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES