11 Cara menghilangkan bekas luka pada kulit pakai bahan alami

11 Cara menghilangkan bekas luka pada kulit pakai bahan alami

Brilio.net - Memiliki bekas luka pada kulit tentu bisa menjadi hal yang menyebalkan bagi banyak orang. Bekas luka akan membuat kulit menjadi tidak mulus sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Hal tersebut akan semakin merepotkan apabila luka terlihat secara kasat mata, terutama pada bagian tangan dan kaki. Tak heran, bila sejumlah orang mencari cara untuk memudarkan hingga menghilangkan bekas luka yang terkadang tampak menghitam.

Dilansir dari Healthline, luka merupakan bagian dari proses penyembuhan usai mengalami cedera. Ketika lapisan dermis kulit rusak, tubuh membentuk jaringan kolagen untuk memperbaiki kerusakan yang kemudian menjadi luka. Jenis luka yang paling mudah dihilangkan adalah luka akibat cedera ringan seperti bekas jerawat, cacar, lecet, dan bekas garukan. Meski agak sulit menghilangkan bekas hitam 100 persen, tapi besar kemungkinan membuat warna gelapnya memudar.

Sedangkan bekas luka dapat terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan alami setelah cedera. Ketika dermis, lapisan kedua kulit rusak, tubuh akan membentuk serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan. Dalam kebanyakan kasus, semakin cepat luka sembuh, maka akan semakin sedikit kolagen yang akan disimpan dan semakin sedikit bekas luka yang terlihat. Seperti yang dilansir dari American Academy of Dermatology Association, ketika kulit terluka baik karena jerawat, kecelakaan atau operasi, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki luka itu.

Namun kini tak perlu khawatir, karena kamu bisa memudarkan hingga menghilangkan bekas luka pada kulit pakai bahan alami. Seperti 11 cara yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber berikut ini, pada Minggu (8/5).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES