11 Cara menghaluskan kulit wajah secara alami, mudah dibuat

11 Cara menghaluskan kulit wajah secara alami, mudah dibuat

Brilio.net - Memiliki kulit yang putih, bersih, dan halus merupakan impian setiap orang. Namun ada saja masalah kulit yang mereka hadapi, salah satunya kulit kasar dan bruntusan. Hal itu tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Kondisi kulit kasar biasanya disebabkan oleh paparan matahari dan radikal bebas yang membuat kulitmenjadi kering dan mengelupas, bekas jerawat, komedo yang menumpuk, bekas jerawat, dan masih banyak lagi.

Namun tak perlu khawatir, masalah kulit kasar bisa kamu atasi lho. Ada banyak cara menghaluskan kulit wajah, mulai menggunakan produk skincare dan melakukan perawatan di klinik.

Namun bila terlalu sering terpapar bahan kimia tak jarang membuat kulit mudah iritasi, apalagi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Untuk itu kamu bisa mencari solusi dengan menggunakan bahan alami.

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Cara itu juga bisa kamu aplikasikan di rumah dan minim biaya. Lantas bagaimana yah cara menghaluskan kulit wajah? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/4).

1. Tidur cukup

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami

foto: Freepik/jcomp

Tidur cukup bisa jadi salah satu cara untuk menghaluskan kulit. Hal itu pun diungkapkan dalam jurnal Nature Cell Biology, Saat tidur kulit mengalami perbaikan secara alami. Saat tidur juga kulit memproduksi kolagen lebih banyak sehingga mampu memenuhi nutrisi pada kulit. Kolagen ini juga mampu membuat kulit lebih kencang, kenyal, dan halus.

2. Rajin minum air

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami

foto: Freepik/luis_molinero

Kekurangan asupan air dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, dan tidak bercahaya. Untuk itu kamu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Dengan rutin mengonsumsi air putih, kulit akan kembali lebap, cerah, dan bercahaya.

3. Alpukat

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami

foto: Freepik/dashu83

Alpukat salah satu buah favorit banyak orang. Memiliki rasa yang lezat, alpukat bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari jus hingga camilan. Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A, D, E, dan asam lemak omega-3 pada alpukat juga bermanfaat untuk kulit. Kamu bisa memanfaatkan alpukat untuk membuat kulit kamu lebih halus. Caranya dengan haluskan buah alpukat hingga menjadi pasta kemudian usapkan ke wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Oatmeal

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami

foto: Freepik/luis_molinero

Kandungan vitamin di dalam oatmeal tak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Oatmeal dianggap sebagai salah satu bahan alami untuk eksfoliasi. Eksfoliasi dengan oatmeal ini dapat membuat menjadi halus, lembut dan cerah.

Caranya dengan mencampurkan oatmeal dan air secukupnya. Aduk hingga mengental. Kemudian usapkan ke wajah sambil dipijat lembut. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Masker madu dan lemon

Cara menghaluskan kulit wajah secara alami

foto: Freepik/racool_studio

Cara menghaluskan kulit wajah juga bisa dengan masker madu dan lemon. Masker ini secara alami dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah penyebab kulit kering dan kasar. Pasalnya ada kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan air perasan jeruk lemon dengan satu sendok makan madu. Aduk hingga rata dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air biasa.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES