10 Cara hilangkan stretch mark pakai bahan alami, gunakan lidah buaya

10 Cara hilangkan stretch mark pakai bahan alami, gunakan lidah buaya

Brilio.net - Salah satu masalah kulit yang kerap dialami wanita saat naik berat badan secara drastis atau setelah melahirkan adalah munculnya stretch mark. Kondisi ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan sangat mengganggu penampilan. Menurut American Academy of Dermatology, stretch mark merupakan jenis bekas luka yang berkembang ketika kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan mendadak menyebabkan penyokong kulit, yakni kolagen dan elastin terpecah sehingga memunculkan garis-garis bergelombang di permukaan kulit.

Stretch mark lebih sering ditemui pada mereka yang mengalami kelebihan berat badan. Selain itu, wanita hamil, terutama saat trimester terakhir kehamilan, juga kerap memiliki stretch mark. Masalah kulit ini dapat terjadi pada bagian perut, payudara, pinggul, bokong, atau paha. Seiring berjalannya waktu, garis dapat tampak semakin samar.

Tingkat keparahan kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk adanya kecenderungan untuk mengalami stretch mark secara genetik, derajat peregangan kulit yang terjadi, dan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang dapat melemahkan fiber elastik pada kulit.

Ada beberapa metode penanganan untuk masalah stretch mark. Sebagian besar langkah penanganan dinilai dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit yang terganggu akibat stretch mark. Tetapi, penanganan tersebut umumnya tidak dapat menghilangkan guratan-guratan secara sepenuhnya.

Nah, berikut ini sepuluh cara hilangkan stretch mark pakai bahan alami yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat(13/5).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES