Usia 60 tampak 15 tahun lebih muda, ini trik hilangkan kerutan akibat penuaan pakai 1 bahan buah

21 / 12 / 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kerutan di wajah merupakan bagian alami dari proses penuaan yang nantinya akan dialami oleh semua orang seiring berjalannya waktu. Meskipun hal ini termasuk dalam proses alami, kerutan yang timbul di wajah sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Hal ini dikarenakan kecantikan yang telah pudar dan tak menarik perhatian lagi.

Salah satu penyebab dari munculnya kerutan ini adalah kulit kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Ini dipengaruhi oleh produksi kolagen dan elastin dalam tubuh yang semakin menurun. Dampaknya dari kondisi tersebut adalah kulit menjadi kurang kenyal dan mulai timbul kerutan.

Kerutan di wajah ini menjadi semakin cepat muncul, jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Bukan tanpa sebab, radiasi UV dari sinar matahari dapat membuat serat kolagen dan elastin rusak. Akibatnya tak hanya kerutan saja yang muncul, namun juga garis halus.

Selain itu, kebiasan merokok juga membuat kerutan cepat terlihat. Rokok ini memiliki zat-zat kimia yang bisa merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Kondisi tersebut membuat kulit mengalami penuaan lebih cepat dan menyebabkan munculnya kerutan, terutama di sekitar mulut dan mata.