Tanpa putih telur, begini cara mengatasi flek hitam dan keriput wajah pakai 1 jenis tepung

17 / 08 / 2023 18:23 WIB

Brilio.net - Penuaan wajah jadi salah satu masalah kulit yang cukup menganggu bagi sebagian orang. Pasalnya, permasalahan ini menimbulkan efek samping seperti munculnya flek hitam dan keriput. Timbulnya flek hitam umumnya disebabkan oleh kelebihan pengeluaran melanin pada kulit.

Nah, faktor yang dapat menyebabkan kondisi itu biasanya karena terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, efek samping dari pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur, dan terlalu banyak stres. Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya atau lanjut usia.

Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Keriput juga merupakan masalah umum yang menjadi tanda jika kulit sudah mulai menua. Keriput adalah bagian yang timbul secara alami dari penuaan yang biasanya terdapat pada kulit yang sering terkena sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan dan lengan bawah.

Faktor genetika dan sinar matahari adalah penyebab utama keriput. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, kering, dan kurang elastis, sehingga kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan berkurang. Hal ini menyebabkan kulit menjadi berkerut, muncul lipatan, dan garis halus.