Tanpa perawatan botoks, begini cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah

26 / 07 / 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya saat kerutan mulai muncul. Di manapun munculnya, kerutan atau keriput terjadi ketika kulit kehilangan kolagen. Ini adalah serat yang membuat kulit menjadi kencang sekaligus kenyal. Salah satu yang paling terlihat adalah ketika terjadi di area dengan kulit tipis di wajah.

Dari seluruh bagian wajah, area bibir adalah salah satu yang paling mudah muncul kerutan. Alasannya karena area sekitar bibir sangat tipis. Artinya, sejak awal pun kandungan kolagennya memang lebih sedikit ketimbang area wajah lainnya. Faktanya, kulit manusia memproduksi 1% lebih sedikit kolagen setiap tahunnya ketika usia sudah menginjak kepala dua.

Selain karena faktor penuaan, ada juga faktor lain yang menyebabkan kerutan di area bibir. Contohnya mulai dari faktor genetik, dehidrasi, nutrisi buruk, kebiasaan merokok, stres, hingga kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Jika kamu mengalaminya, tak perlu khawatir, karena kerutan di wajah bukan hal buruk dan bisa diatasi dengan cara tertentu. Terdapat sejumlah alternatif cara mengatasi kerutan sekitar bibir, baik secara alami maupun klinis. Salah satu caranya seperti video dari akun TikTok @beautywom pada 21 Oktober 2022.

Melalui video itu, dia membagikan tentang cara memudarkan kerutan di area bibir pakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang. Selain pisang dia juga menggunakan bahan lain yaitu bubuk kopi, minyak kelapa, dan air mawar.

"Anti-aging mask to remove skin wrinkles (Masker anti penuaan untuk menghilangkan kerutan kulit)," katanya dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautywom, Selasa (25/7).