Tanpa lemon, ini cara memudarkan flek hitam di kaki akibat bekas gigitan serangga pakai 1 bahan dapur

16 / 10 / 2023 10:40 WIB

Brilio.net - Lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya bisa menyebabkan serangga muncul di sekitar rumah. Tidak memungkiri, adanya serangga-serangga tersebut bisa mengganggu manusia lewat gigitannya. Gigitan tersebut bisa menimbulkan sejumlah efek negatif bagi kulit, seperti gatal, iritasi, dan mengalami pembengkakan.

Kondisi di atas merupakan sebuah bentuk reaksi kulit terhadap gigitan serangga, dari proses diatasi hal ini bisa memicu terjadinya reaksi inflamasi pada kulit. Kulit akan merespons gigitan dengan melepaskan histamin atau zat yang bertanggung jawab untuk pembengkakan. Proses ini pada sejumlah orang bisa memicu respons yang lebih parah, seperti terjadinya penumpukkan pigmen melanin di area tersebut yang kemudian menyebabkan flek hitam.

Selain faktor di atas, kebiasan seperti menggaruk luka bekas gigitan juga memicu terjadinya peradangan. Nah, hal ini membuat produksi melanin menjadi lebih tinggi, sehingga membuat luka tersebut menjadi membekas kehitaman.

Bagi sejumlah orang, adanya bekas luka akibat gigitan serangga yang menghitam itu bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu tak heran jika cara memudarkan flek hitam di kaki ini dicari oleh mereka.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencerahkan kembali kulit area kaki. Caranya yaitu melakukan perawatan secara rutin.

Kali ini bahan yang digunakan oleh Isma Zahira tak menggunakan lemon. Sebagai solusinya, ia menggunakan bahan dapur yaitu garam. Bahan yang biasanya digunakan untuk campuran masakan ini ternyata mempunyai sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit.

Bukan tanpa sebab, garam dapur mempunyai tekstur kasar yang berguna sebagai eksfolian alami. Kemampuan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang memungkinkan flek hitam menumpuk.