Tanpa gunakan bawang putih, ini cara menghilangkan kutil pada wajah hanya pakai 1 jenis buah

23 / 10 / 2023 05:00 WIB

Brilio.net - Kutil merupakan masalah kulit berupa pertumbuhan kulit tak berbahaya, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus HPV (human papillomavirus). Kutil sering muncul dalam bentuk tonjolan kecil dan kasar pada berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki, dan wajah.

Selain disebabkan oleh virus, ada penyebab lain yang mempengaruhi. Salah satunya adalah kondisi lingkungan yang lembap sehingga mendukung pertumbuhan virus HPV. Selain itu, sering terkena gesekan, seperti pada tangan dan kaki juga bisa menjadi penyebabnya. Sistem kekebalan tubuh yang lemah contohnya pada individu dengan penyakit autoimun atau seseorang yang mengalami stres berat, membuatnya rentan terkena infeksi virus HPV dan kutil bisa berkembang biak.

Untuk menghilangkan kutil, terutama pada wajah, terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Langkah pertama yaitu konsultasikan terlebih dahulu dokter ahli dan melakukan perawatan medis, seperti krioterapi atau penghilangan kutil menggunakan nitrogen cair atau obat-obatan topikal.

Selain cara tersebut kamu juga bisa memakai trik lain. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain murah, trik ini cukup aman untuk digunakan. Pengguna YouTube recommendedpreshtv membagikan trik yaitu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Bahan alami yang biasanya untuk campuran minuman dan makanan ini ternyata bisa menghilangkan kutil. Pasalnya, terdapat kandungan asam sitrat yang membantu melunakkan lapisan kulit yang melindungi kutil. Sifat antiseptik dalam jeruk nipis juga bisa mencegah infeksi pada kulit yang rusak.