Tanpa digosok scrub kasar, ini cara agar badan kusam dan belang jadi cerah merata pakai 2 jenis buah

05 / 12 / 2023 07:45 WIB

Brilio.net - Badan seseorang umumnya akan terasa kotor setelah beraktivitas seharian. Hal ini diakibatkan kulit badan banyak terpapar polutan dan kotoran dari lingkungan sekitar, apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan di luar ruangan. Dalam prosesnya, akumulasi kotoran dan keringat dapat memicu masalah kulit, salah satunya kulit menjadi belang dan tampak kusam.

Kulit belang adalah kondisi ketika bagian tertentu pada kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit di area tubuh lainnya. Kondisi ini membuat kulit terkesan kotor, kusam, dan terlihat tidak cerah. Orang yang mempunyai kulit belang biasanya akan menjadi tidak percaya diri dengan tubuhnya sendiri.

Munculnya masalah di atas umumnya terpicu karena beberapa faktor, yakninya penumpukan kotoran pada kulit dan paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan partikel kotoran dan sel kulit mati pada dasarnya dapat menempel dengan mudah pada permukaan kulit ketika seseorang banyak berkeringat kala beraktivitas. Apalagi ditambah dengan paparan sinar matahari yang menstimulasi produksi melanin berlebih pada kulit, proses yang berulang setiap hari ini tak ayal membuat kulit menjadi kusam dan belang.

Biasanya, cara yang sering digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan eksfoliasi menggunakan scrub. Namun begitu, kebanyak scrub justru memiliki butiran kasar yang dapat menimbulkan iritasi dan rasa sakit pada kulit sensitif. Selain itu, beberapa residu butiran scrub terkadang juga sulit diuraikan oleh lingkungan lho.

Nah, berangkat dari hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan membuat masker badan dari beberapa bahan alami saja lho. Salah satu metode pembuatannya dibagikan di Instagram oleh @beauty_tips_u yang menggunakan campuran tomat, lemon, tepung beras, dan yoghurt, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (5/12).

foto: freepik.com