Tanpa air beras, ini trik bikin serum pencerah wajah kusam akibat flek hitam pakai 1 jenis umbi-umbian

20 / 10 / 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kulit kusam merupakan sebutan bagi kulit yang kehilangan kilau alaminya sehingga terlihat tidak cerah dan terkesan kotor. Biasanya, kulit wajah yang kusam seringkali dibarengi dengan kemunculan flek hitam alias bintik-bintik gelap di wajah yang membuat warna kulit menjadi tidak merata. Kondisi ini jelas akan mengurangi keindahan sekaligus kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Mengapa kedua masalah di atas sering muncul bersamaan? Hal ini dikarenakan pemicu yang kurang lebih sama yakni faktor lingkungan berupa paparan sinar matahari dan polusi. Paparan sinar UV dapat memicu naiknya produksi melanin sebagai komponen yang memberi pigmen warna gelap pada kulit. Dalam prosesnya, paparan tersebut seringkali bercampur dengan polusi sehingga memicu kemunculan noda hitam serta hilangnya kilau alami wajah.

Selain faktor lingkungan, gaya hidup tidak sehat juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Hal-hal seperti kurang tidur, jarang minum air putih, merokok, dan makan tidak teratur, sedikit banyaknya dapat mengganggu sirkulasi darah pada kulit dan memicu penumpukan racun dalam tubuh. Akibatnya, semua faktor ini perlahan akan memicu rusaknya kesehatan kulit sehingga lama-kelamaan menjadi kusam.

Eits, namun begitu, kamu nggak perlu bingung untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang ampuh mencegah kulit kusam dan pembentukan flek hitam. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran ekstrak buah bit bersama aloe vera. Cara ini ditunjukkan pengguna akun Instagram @rupalichouhan_19 yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (20/10).