Tak perlu tanam benang, ini trik memperlambat penuaan & bikin kulit tetap kenyal pakai 1 jenis kacang

30 / 10 / 2023 20:42 WIB

Brilio.net - Memiliki wajah yang terlihat awet muda dalam waktu lama jelas menjadi impian banyak orang. Namun seiring bertambahnya umur, setiap orang akan mengalami proses penuaan. Tidak hanya tubuh dan tenaga yang semakin melemah, bentuk kulit yang dulu kenyal dan kencang akan mulai mengendur dan kehilangan elastisitasnya seiring bertambah usia.

Kulit yang mengendur sejatinya didasari oleh faktor produksi kolagen dan elastin, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan struktur dan kelembapan alaminya. Lambat laun, kulit wajah akan kehilangan kekencangannya dan menjadi kendur.

Meski tak dapat dihindari, nyatanya ada berbagai faktor yang dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit terkesan "tua" dibandingkan umur aslinya. Faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet (UV) dari matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok sudah jelas dapat memengaruhi turunnya tingkat serta kualitas elastisitas kulit. Bahkan, keseringan stres dan bergadang pun sering tidak disadari dapat memberikan dampak penuaan dini.

Tanpa melakukan prosedur mahal seperti tanam benang, ternyata kamu bisa mengatasi masalah penuaan dini. Hanya dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan, kulit bisa tetap kenyal dan awet muda.