Tak perlu scaling, ini cara cegah munculnya noda kuning di permukaan gigi pakai 1 bahan alami

25 / 09 / 2023 23:43 WIB

Brilio.net - Mempunyai penampilan gigi yang cerah, bersih, dan terbebas dari noda kuning adalah dambaan bagi semua orang. Bukan tanpa alasan, gigi yang tampak putih bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang terlebih ketika tersenyum. Senyuman tersebut bisa membekas kepada orang yang melihatnya. Namun bagaimana jadinya jika gigi berubah warna menjadi kuning atau bahkan kecokelatan? Mungkin hal tersebut bagi sejumlah orang bisa mengganggu penampilan.

Penyebab terjadinya perubahan warna pada gigi ini tidak terjadi begitu saja. Melainkan ada faktor yang memengaruhi kondisi tersebut. Pertama yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berwarna, seperti teh, kopi, soda, dan saus. Makan dan minuman ini diketahui mengandung pigmen warna yang dapat menempel pada enamel gigi dan menyebabkan noda kuning.

Tidak hanya berasal dari makanan dan minuman, perubahan warna pada gigi juga bisa terjadi karena proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, enamel gigi dapat menjadi lebih tipis dan membuat lapisan dentin yang berwarna gelap jadi terlihat lebih jelas.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah munculnya noda kuning pada gigi. Pertama yaitu perhatikan makanan dan minuman. Lalu, rutin membersihkan gigi dengan treatment scaling di klinik dokter gigi. Namun sayangnya, treatment ini dibanderol dengan harga yang cukup menguras dompet.

Sebagai solusi dari masalah di atas, kamu bisa membersihkan gigi dengan memakai pasta yang berasal terbuat dari bahan alami. Cara ini dibagikan oleh pengguna YouTube Artful Homemaking yang dilansri briliobeauty.net, Senin (25/9).