Cuma pakai 4 bahan alami, begini cara menghilangkan komedo dan kulit kusam agar wajah cerah berseri

05 / 05 / 2023 21:45 WIB

Brilio.net - Selain jerawat dan flek hitam, komedo juga merupakan salah satu masalah wajah yang sering bikin para wanita risih. Pasalnya, masalah yang terbilang kecil ini bisa membuat mereka menjadi tidak percaya diri. Komedo berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak pada kulit yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit, debu, hingga makeup yang tidak dibersihkan dengan optimal.

Bila kamu melihat bintik-bintik kecil pada wajah, mungkin saja itu komedo. Tidak jarang komedo juga muncul pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, komedo, pundak, lengan, dan leher. Komedo juga bisa disebut sebagai blackheads karena permukaannya rata-rata berwarna hitam.

Tak hanya komedo, kulit kusam menjadi masalah bagi banyak orang, baik yang memiliki kulit kering, berminyak, hingga kombinasi sekalipun. Kulit kusam adalah kondisi yang ditandai dengan tampilan wajah yang tampak tidak sehat, kurang bercahaya, dan bikin wajah tampak lebih tua. Selain itu, kulit kusam juga dapat menyebabkan kulit terasa kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Karena kedua masalah tersebut mampu membuat kebanyakan orang tidak percaya diri, oleh sebab itu banyak orang mencari cara untuk menghilangkan komedo dan mengatasi wajah kusamnya. Tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan dan membeli produk-produk skincare. Padahal ada cara yang lebih murah dan tak kalah efektif, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

foto: freepik.com

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @beautyhacks7777 pada (14/4) lalu. Melalui unggahannya sang pemilik akun membagikan cara menghilangkan komedo dan kulit kusam agar wajah cerah berseri pakai 4 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah kopi bubuk, tepung beras, madu, dan air mawar.

"Eid special face scrub and mask (Lulur dan masker khusus lebaran)," katanya dalam keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautyhacks7777, Jumat (5/5).