Cuma pakai 2 bahan alami, trik detoks kaki ini bikin auto lembut dan bebas kapalan

14 / 06 / 2023 11:11 WIB

Brilio.net - Kapalan yang terjadi pada kaki kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih saat sedang berjalan tanpa alas kaki. Kapalan di kaki adalah penyakit kulit yang muncul akibat penebalan kulit. Biasanya, penebalan ini terjadi secara meluas dan bentuknya tak beraturan.

Kapalan umumnya ditemukan di bagian telapak dekat tulang yang menopang berat badan, seperti jempol kaki, tumit, dan sepanjang sisi kaki. Berbeda dengan mata ikan, kapalan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kapalan di kaki disebabkan oleh tekanan atau gesekan secara terus-menerus pada area kaki, terutama tumit dan jari kaki. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang mengeras, menebal, dan bertekstur kasar.

Kapalan sering dialami oleh seseorang yang jarang menggunakan alas kaki saat berjalan atau menempatkan sebagian besar tekanan pada satu titik di kaki seperti menggunakan high heels. Kondisi ini terjadi sebagai reaksi alami tubuh untuk melindungi kaki dari iritasi.

Tak hanya kapalan, permasalahan yang mungkin terjadi pada kaki juga beragam. Seperti kutu air, mata ikan, dan penyakit kulit yang lainnya. Nah, untuk mengatasi dan mencegahnya, kamu bisa melakukan detoks kaki. Perawatan ini adalah cara yang diklaim mampu membantu menghilangkan racun dalam tubuh melalui telapak kaki.

Sebenarnya, metode ini tidak berbeda jauh dengan detoksifikasi tubuh yang dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Mengutip dari Healthline, terapi detoks biasanya direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengeluarkan paparan racun dari dalam tubuh. Bahkan metode ini juga mampu memperbaiki dan menyehatkan kulit area kaki.

Untuk melakukan detoks kaki, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Seperti video unggahan dari akun TikTok @allsetthealth pada 29 Desember 2022 lalu. Melalui unggahannya, pemilik akun membagikan trik detoks kaki untuk membuat kulit auto lembut dan bebas kapalan pakai 2 bahan alami. Bahan yang digunakan adalah cuka apel dan essential oil. Kamu juga bisa menambahkan garam epsom atau baking soda.

"DIY Foot Detox at Home (DIY Detoks Kaki di Rumah)," katanya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @allsetthealth, Rabu (14/6).

foto: freepik.com

Cuka apel merupakan makanan alami yang sangat serbaguna dan menawarkan segudang manfaat kesehatan. Cuka apel merupakan sumber kaya antioksidan karena tinggi polifenol dan asam asetat, yang mampu meningkatkan penyerapan mineral penting dalam tubuh. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, cuka apel sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Bahkan, merendam kaki dengan cuka apel dapat mendetoksifikasi tubuh dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Merendam kaki dalam larutan cuka apel dapat membantu melembutkan telapak kaki yang kering dan kapalan. Sehingga pengerasan yang terjadi pada kapalan dan mata ikan dapat terkikis secara bertahap. Cuka apel juga dapat membantu menetralkan bau kaki karena mengandung antibakterial sehingga mampu membunuh bakteri penyebab bau. Senyawa antijamur dan antimikroba pada cuka apel terbukti ampuh melawan jamur penyebab masalah kaki.