Cerah merata tanpa perawatan mahal, ini cara memutihkan wajah kusam cuma pakai 1 jenis daun

03 / 11 / 2023 17:25 WIB

Brilio.net - Wajah kusam adalah kondisi kulit area wajah tampak gelap, tidak bercahaya, lelah, dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Banyak faktor yang menyebabkan wajah kusam, seperti paparan sinar matahari berlebih, tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, polusi, penumpukan sel kulit mati, penuaan, hingga sisa makeup.

Sinar matahari adalah penyebab utama wajah jadi kusam, apalagi jika tidak dilindungi oleh tabir surya. Pasalnya sinar UV matahari memiliki dampak buruk untuk kulit. Sehingga kulit akan secara otomatis memproduksi zat melanin sebagai perlindungan alami. Melanin merupakan zat alami pemberi warna kulit, jika produksinya terlalu banyak maka akan muncul bintik-bintik kehitaman di beberapa area wajah.

Kondisi ini biasa disebut dengan hiperpigmentasi. Jika terus dibiarkan, maka wajah akan tampak menggelap dan terkadang muncul flek hitam. Hal ini cukup membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan untuk mengatasi wajah kusam. Ada banyak cara untuk bikin wajah cerah dan mengatasi wajah kusam.