Cara pudarkan flek hitam di tangan dan kaki pakai body scrub dari 1 jenis rempah, bikin putih alami

19 / 07 / 2023 23:00 WIB

Brilio.net - Flek hitam tidak hanya terdapat di area wajah saja. Melainkan bagian anggota tubuh, seperti tangan dan kaki juga rentan terkena flek hitam. Tidak hanya disebabkan faktor penuaan saja, flek hitam di tangan dan kaki bisa terjadi karena paparan sinar matahari dan bekas luka.

Seperti halnya di wajah, munculnya flek hitam di bagian tubuh lainnya juga cukup mengganggu penampilan. Pastinya kamu tidak ingin penampilan sehari-hari terganggu dengan kondisi kulit tersebut bukan? Untuk mengatasi flek hitam, kamu bisa melakukan berbagai perawatan, mulai dari menggunakan pelembap dan krim pencerah. Lalu, melakukan treatment secara rutin dengan cara eksfoliasi.

Tidak perlu membeli produk eksfoliasi atau body scrub, kamu bisa lho memanfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk mengatasi flek hitam. Salah satu bahan yang bisa kamu pakai berasal dari satu jenis rempah yaitu kunyit.

Bubuk kunyit tidak hanya digunakan untuk campuran masakan saja. Pasalnya, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kandungan tersebut membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Sementara itu, gula pasir dalam body scrub ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghalus. Tidak hanya itu, gula pasir juga dapat membuat kulit semakin cerah.

Selain gula pasir, bahan pemanis lainnya yaitu gula merah memiliki kegunaan utama yaitu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Adanya vitamin B kompleks dalam bahan ini juga dapat mengurangi produksi melanin berlebih. Di sisi lain, adanya kandungan asam lemak di dalam coconut oil mampu menjaga kelembapan kulit.