Bikin mulus dan cerah, ini trik hilangkan bintik hitam pada wajah hanya pakai 3 bahan alami

05 / 04 / 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Bagi sebagian orang, bintik hitam di wajah akan sangat mengganggu penampilan. Penyebab bintik hitam di wajah adalah hiperpigmentasi, yaitu kulit memproduksi melanin dalam jumlah lebih banyak dari pada biasanya. Di Indonesia yang beriklim tropis, masalah hiperpigmentasi terutama diakibatkan oleh paparan sinar matahari di kulit wajah yang tidak terlindungi oleh sunscreen.

Walau disebut dengan bintik hitam, tapi sebenarnya warnanya tidak benar-benar hitam melainkan lebih ke cokelat tua. Selain di wajah, bintik hitam juga umumnya muncul di bagian-bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti di leher, bahu, punggung, punggung tangan, dan punggung kaki.

Penyebab bintik hitam di wajah yang paling utama adalah paparan sinar matahari. Sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari dengan cepat dapat membakar kulit, menyebabkannya menjadi kering dan meradang. Kulit juga menggelap karena sinar UV memicu produksi melanin.

Nah, untuk menangkal sinar UV ke dalam kulit kamu juga dapat menggunakan sunscreen saat akan beraktivitas di luar ruang saat siang hari. Manfaat sunscreen tidak hanya sekedar melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau mencegah kulit terbakar saja, tapi juga membantu memudarkan tanda penuaan kulit, dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker kulit. Pilihan sunscreen pun kini sangat beragam, untuk mendapatkan rekomendasinya cek di bawah ini.

 

Saat muncul bintik hitam di wajah, kamu tentu ingin agar bintik tersebut bisa segera pudar dan samar. Ada berbagai cara menghilangkan noda hitam di wajah yang bisa kamu lakukan, mulai dari cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami di rumah sampai dengan prosedur di klinik kecantikan. Nah, agar lebih aman dan tidak merogoh kocek terlalu dalam, bahan alami adalah solusinya.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @beautyhacks7777 pada (3/9/2022) lalu. Melalui video unggahannya, pemilik akun memberikan trik hilangkan bintik hitam pada wajah hanya pakai 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah mentimun, kuning telur, dan tepung beras.

foto: freepik.com

"Japanese pigmentation face mask," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautyhacks7777, Rabu (5/4).