Bikin kulit putih dan antikering, ini cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian

22 / 04 / 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Kulit kering merupakan salah satu sumber permasalah kulit yang dapat memicu permasalahan kulit lainnya. Masalah kulit wajah kering memang bisa bikin frustasi. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit muka kering bisa mengelupas dan pecah-pecah, bahkan membuat wajah tampak kusam.

Kulit wajah kering terjadi ketika kulit kehilangan atau tidak cukup memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Kulit pun jadi terasa kering, mengelupas, hingga muncul ruam. Kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik juga merupakan tanda kurangnya kelembapan sehingga membuatnya tampak kusam dan kasar.

Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering muncul.

Itulah sebabnya, kondisi kulit kering perlu dirawat, supaya tak hanya halus dan berseri, melainkan juga sehat. Nah, salah satu cara untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan face lotion. Lotion berfungsi sebagai moisture lock yang menjaga kelembapan wajah selama kita tidur. Meski sudah banyak dijual produk face lotion beragam merek di pasaran, namun tak semua orang cocok dengan kandungan didalamnya.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat face lotion sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada. Sama seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @robinanoreen pada (20/9/2021) lalu.

foto: freepik.com

Melalui unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan cara lembapkan wajah pakai face lotion dari 1 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan adalah biji almond. Selain biji almond, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu air mawar, aloe vera gel, dan minyak kelapa.

"Skin whitening homemade lotion (Losion pemutih kulit buatan sendiri)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @robinanoreen, Sabtu (22/4).