Bikin cerah dan awet muda, begini cara memutihkan wajah hanya pakai 3 bahan makanan

05 / 04 / 2023 21:10 WIB

Brilio.net - Kulit putih dan awet muda adalah aset yang diinginkan oleh kebanyakan orang, khususnya para wanita. Memutihkan wajah bukan berarti mengubah warna kulit, tetapi maksudnya adalah mencerahkan kulit agar tidak terlihat kusam. Kekusaman tersebut yang membuat kulit tampak lebih gelap dari biasanya.

Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam, salah satunya adalah sel kulit mati yang menumpuk. Faktor lain seperti paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit gelap karena saat terpapar, kulit melepaskan melanin.

Kebanyakan orang ingin memiliki kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar, dengan cara cepat dan instan. Caranya adalah dengan memakai produk kecantikan seperti sabun wajah, pelembap wajah, alas bedak, dan bedak. Namun apakah produk kecantikan itu benar-benar aman bagi kulit wajah kamu?

Salah satu produk kecantikan yang kerap digunakan untuk mencerahkan wajah yakni sheet mask. Penggunaan sheet mask yang praktis dan mudah, menjadikan masker ini sebagai favorit untuk perawatan kulit wajah. Selain itu, varian dari sheet mask juga banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Nah, kalau kamu mau mencoba memakainya, cek rekomendasi di bawah ini.

 

Produk kecantikan seperti alas bedak dan bedak hanya menutup wajah secara sementara saja, bukan membuat wajahmu cerah secara permanen. Nah, alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu. Bahkan kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan makanan di rumah lho.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @grape_makeup pada (5/1) lalu. Dalam video unggahan berdurasi 29 detik tersebut, pemilik akun memberikan cara memutihkan wajah hanya pakai 3 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah buah naga, kuning telur, dan tepung beras.

"Facial mask made with food (Masker wajah yang terbuat dari makanan)," kata pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @grape_makeup, Rabu (5/4).

foto: freepik.com

Buah naga atau pitaya adalah buah tropis yang mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, gula, protein, magnesium, zat besi, dan antioksidan. Buah ini juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Buah naga merupakan salah satu buah yang dipercaya dapat memutihkan wajah. Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C, beta-karoten, juga antioksidan dalam buah ini. Vitamin C dan antioksidan disebut dapat membantu mengurangi produksi melanin, yaitu zat pigmen atau pewarna alami di kulit. Melanin biasanya meningkat akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan kadar melanin yang sedikit, wajah pun tidak akan kusam dan tampak lebih bersinar.

Kandungan vitamin C pada buah naga juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Perlu diketahui, kolagen adalah protein yang berperan penting dalam menjaga tekstur dan elastisitas kulit. Itulah mengapa, mengonsumsi sumber vitamin C, seperti buah naga, dapat mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus membuat kulit wajah jadi lebih halus.