9 Manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat, cegah peradangan

02 / 03 / 2022 03:05 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan kulit kusam dan menyebabkan berbagai masalah pada wajah. Untuk menghindari hal tersebut kamu membutuhkan produk skincare yang berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Paparan sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang akan memberikan dampak buruk bagi kulit wajah. Tak hanya wajah kusam, minyak berlebih, komedo, garis halus hingga warna kulit yang tidak rata adalah beberapa dampak dari paparan sinar UV. Salah satu produk skincare yang dapat kamu gunakan adalah sunscreen.

Sunscreen adalah lotion pelindung yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menangkal sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA, yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah.

Pada umumnya, di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA.

Paparan sinar matahari dapat mempengaruhi berbagai hal pada kulit wajah yang menyebabkan peradangan pada kulit. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor utama timbulnya jerawat.

Nah, bagi kamu yang belum tahu kalau sunscreen juga bisa digunakan saat kulit berjerawat, berikut 9 manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/3).

1. Menjaga kesehatan skin barrier agar tidak break out

foto: pexels.com

Paparan sinar matahari memiliki dampak yang buruk yang bisa dirasakan oleh kulit jika terpapar langsung tanpa menggunakan sunscreen. Salah satunya adalah kemampuan sinar UV dalam merusak skin barrier atau pelindung alami pada kulit yang dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga memunculkan jerawat pada kulit.

Sunscreen yang akan kamu gunakan akan melindungi kulit dari sinar UV, salah satu stressor terbesar yang dapat mengganggu ketahanan skin barrier kulitmu. Perlindungan ini diberikan dengan mengikat lapisan ganda fosfolipid korneosit, lapisan pelindung pada epidermis kulit, dari skin barrier yang kita miliki. Jadi, sinar UV menjadi terhalang dan tidak dapat menembus ke dalam lapisan kulit.

2. Mengatasi jerawat agar tidak semakin parah

foto: pexels.com

Penggunaan sunscreen bisa mencegah kondisi wajah berjerawat semakin memburuk karena paparan sinar matahari dan juga polusi yang menempel pada permukaan kulit. Bila tidak diantisipasi, maka jerawat bisa semakin meradang dan wajah akan mengalami breakout yang dapat memperparah kondisi kulit.

Sunscreen akan berperan sebagai benteng pelindung. Sehingga, jerawat tak semakin meradang akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

3. Melawan penuaan dini

foto: pexels.com

Manfaat yang satu ini berkaitan dengan kondisi kulit berjerawat dan paparan UV. Mereka yang tidak menggunakan sunscreen, lebih mudah mengalami penuaan dini karena efek radiasi sinar matahari.

4. Melindungi wajah dari sinar matahari

foto: pexels.com

Untuk kulit dengan kondisi berjerawat, kulit sebenarnya telah mengalami kerusakan. Apalagi jika dibiarkan tanpa pelindung, sehingga sinar matahari langsung dapat menyentuh kulit.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka kerusakan DNA di dalam sel kulit hanya akan mengarahkan kulit pada potensi kanker di masa mendatang. Karenanya, menggunakan sunscreean adalah hal yang wajib untuk melindungi agar kulit berjerawat agar tidak semakin parah.

5. Menjaga kelembapan kulit wajah

foto: pexels.com

Ada beberapa sunscreen yang juga sekaligus mengandung ingredients yang melembapkan, sehingga gak hanya melindungi dari sinar matahari sekaligus menjaga kelembapan kulit. Karena kulit yang terhidrasi dengan baik, pasti kekenyalan dan kelembapannya juga terjamin.

Bila kelembapan kulit hilang, maka kulit seseorang akan lebih sensitif, mudah iritasi, dan menjadi kering. Hal ini dapat memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan memperparah jerawat yang ada di wajahmu.

6. Mengontrol produksi minyak berlebih

foto: pexels.com

Penggunaan sunscreen yang bersifat water-base mampu meresap dengan cepat hingga ke dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat mengatasi masalah minyak berlebih serta melindungi kulit dari pancaran sinar UVA dan UVB.

Biasanya, jerawat lebih sering muncul pada orang-orang yang memiliki kandungan minyak berlebih pada area wajah. Bila tidak dibersihkan secara rutin atau tidak menggunakan sunscreen, hal ini memicu munculnya sebum yang nantinya dapat memunculkan jerawat.

7. Mencegah luka di kulit

foto: pexels.com

Dalam kondisi yang sudah terluka, jerawat akan semakin mudah meradang karena panas matahari. Meski cepat kering, tapi kondisi kulit mengelupas hanya akan membuat kalian tergoda untuk menggaruk luka. Hal tersebut dapat memberikan bekas luka serta hiperpigmentasi. Karena itulah, manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat dapat mencegah kulit terasa gatal dan menghindari luka.

8. Mencegah iritasi kulit akibat luka jerawat

foto: pexels.com

Luka akibat jerawat merupakan penyebab dari iritasi yang sering mengganggu. Iritasi pada kulit ini kemudian dapat diatasi dengan menggunaka sunscreen. Sunscreen merupakan produk sunscreen yang mampu melembabkan kulit dan membuat iritasi kulit menjadi dapat diatasi dengan mudah.

9. Menjaga jaringan kulit wajah agar tidak rusak

foto: pexels.com

Kulit wajah sering menjadi rusak akibat dari luka jerawat. Jaringan kulit pun kemudian dapat menjadi menipis dan berdampak terkena kanker kulit. Untuk itu bagi kamu yang memiliki wajah berjerawat lebih baik gunakan sunscreen untuk membuat kulit wajah tetap terjaga.

Sunscreen memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat untuk menjaga jaringan kulit tetap baik dan sehat. Gunakanlah sunscreen secara rutin sehingga jaringan kulitmu menjadi semakin baik dan sehat.