7 Manfaat belimbing wuluh untuk wajah, basmi noda membandel

16 / 02 / 2022 01:28 WIB

Brilio.net - Ada banyak manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Belimbing wuluh sendiri merupakan tanaman yang masuk dalam jenis sayur ini berasal dari Kepulauan Maluku. Selanjutnya, belimbing wuluh dikembangkan di Sri Lanka, Myanmar, Malaysia, dan Filipina.

Belimbing wuluh memiliki bentuk lonjong kecil dan rasa yang asam. Biasanya, belimbing diolah dalam sayur, lalapan, dan dijadikan tambahan rasa untuk sambal. Rasa dari belimbing wuluh pastinya menambah rasa segar dalam setiap makanan.

Tak hanya dimanfaatkan untuk pelengkap makanan, belimbing wuluh juga biasa dijadikan untuk skincare alami yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah. Dalam belimbing wuluh mengandung protein, serat, vitamin A, B kompleks, C, dan mineral yang bagus untuk untuk kulit.

Dilansir dari Journal of Pharmacy and Bio Allied Sciences, untuk kesehatan sendiri, belimbing wuluh memiliki efek antihipertensi, hipolipidemik, antidiabetes, antitrombotik, hepatoprotektif, antikanker, dan penyembuhan luka karena sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang kuat.

Nah kali ini brilio.net akan merangkum manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/2).

1. Menyembuhkan jerawat

foto: Freepik/wayhomestudio

Masalah jerawat jadi salah satu hal yang sangat mengganggu. Munculnya jerawat disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di pori-pori sehingga kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan peradangan. Ketika seseorang mengalami masalah jerawat pasti sangat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Namun kamu bisa atasi dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wulung mengandung vitamin C, asam oksalat dan vitamin A, dengan sifat antioksidan untuk mengatasi jerawat.

Kamu bisa memanfaatkan belimbing wuluh dengan menghaluskan belimbing wuluh kemudian oleskan ke wajah secara merata, lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Dengan rutin menggunakan perawatan ini, jerawat akan cepat teratasi.

2. Mencerahkan wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Memiliki kulit yang cerah pastinya idaman setiap orang. Tak heran bila mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk mempercantik penampilan agar wajah terlihat lebih cerah dan sehat. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan belimbing wuluh.

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang mampu mencerahkan wajah, mengencangkan kulit, dan mengurangi flek hitam di wajah.

Caranya haluskan beberapa buah belimbing wuluh, kemudian oleskan ke wajah sambil digosok seperti scrub. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bisa.

3. Menutrisi kulit

foto: Freepik/benzoix

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah selanjutnya adalah dapat menutrisi kulit. Ya, belimbing wuluh mengandung banyak bahan aktif yang bagus untuk kulit. Kandungan dalam belimbing wuluh itu terdiri dari vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Kamu bisa menjadikan belimbing wuluh sebagai rutinitas mingguan sebagai masker.

Caranya haluskan beberapa buah belimbing wuluh kemudian tambahkan dengan madu. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit. Seperti kulit kusam, jerawat, hingga kulit kasar. Untuk mengatasi masalah itu, bisa menggunakan belimbing wuluh.

Belimbing wuluh dipercaya mampu membunuh pori-pori besar yang menyebabkan produksi sebum berlebih. Caranya, haluskan belimbing wuluh hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air biasa.

5. Samarkan tanda penuaan

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah selanjutnya adalah samarkan tanda penuaan. Kandungan vitamin C dan A di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas.

Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung mineral yang berfungsi untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Belimbing wuluh juga dapat dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda

Kamu bisa rutin konsumsi belimbing wuluh atau gunakan belimbing wuluh untuk masker wajah setiap satu minggu sekali.

6. Mengatasi iritasi

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya dapat mengatasi kulit wajah dari iritasi. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya haluskan belimbing wuluh hingga menjadi pasta kemudian oleskan ke wajah, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air biasa.

7. Menyegarkan kulit

foto: Freepik/jcomp

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang terakhir dapat dijadikan sebagai toner untuk membersihkan dan menyegarkan wajah. Sifat sifat mendinginkan atau astringent dapat membuat kulit wajah lebih tenang.

Caranya siapkan beberapa buah belimbing wuluh, kemudian haluskan dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring dan ambil airnya. Masukan ke dalam botol dan simpan dalam lemari es. Gunakan toner belimbing wuluh itu secara rutin.