5 Cara menetralkan wajah sebelum ganti skincare, lakukan skin check

23 / 02 / 2022 04:27 WIB

Brilio.net - Skincare merupakan produk yang digunakan untuk merawat kulit, bisa dibilang hampir seperti obat untuk tubuh. Bagaimana tidak, dengan penggunaan produk skincare, segala permasalahan kulit akibat paparan radikal bebas seperti jerawat, kulit kusam, hingga iritasi dapat diatasi. Bahkan pengaruh jahat sinar UV akibat paparan sinar matahari penyebab penuaan dini juga dapat dicegah dengan produk skincare. Tak jarang pula, skincare memiliki dua fungsi sekaligus yaitu merawat dan memperindah kulit. Makanya tak heran apabila kebanyakan orang ingin mencoba menggunakan produk skincare untuk merawat tubuhnya, bahkan tak hanya berasal dari satu brand saja loh.

Hampir setiap bulan produk skincare baru dirilis oleh brand-brand ternama. Tidak jarang pula hal itu membuat kita penasaran dan ingin mencoba manfaatnya di kulit kita. Dengan kebiasaan bergonta-ganti skincare tersebut tentu saja ada konsekuensi yang akan ditimbulkan. Nah, sebelum melakukan hal itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah dengan menetralkan wajah.

Menetralkan wajah sebelum mengganti skincare sebaiknya dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada kulit seperti terjadinya breakout dan iritasi. Hal itu dilakukan karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda dan skincare yang digunakan pun memiliki kandungan yang berbeda bergantung pada respons kulit. Dengan begitu, brilio.net akan memberikan lima cara untuk menetralkan wajah sebelum ganti skincare, yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/2).

1. Kurangi intensitas pemakaian secara bertahap.

foto: pexels.com

Jika ingin mengganti skincare yang telah lama digunakan, jangan langsung berganti menggunakan produk lain begitu saja. Hal ini justru akan membuat kulit "kaget" dan berisiko fatal, sehingga akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Cara menetralkannya yaitu dengan mengurangi intensitas pemakaian secara bertahap. Jika awalnya menggunakan suatu produk tersebut dua kali dalam sehari, maka mulailah dengan menggunakannya satu kali dalam sehari. Kurangi intensitasnya agar kulit mulai terbiasa dan tidak bergantung pada produk skincare tersebut.

2. Tetap rajin bersihkan wajah.

foto: pexels.com

Ketika ingin menetralkan wajah sebelum mengganti skincare, meminimalisir penggunaan skincare atau kosmetik adalah sebuah keharusan. Artinya perawatan dan perlindungan terhadap wajah tidak bisa semaksimal sebelumnya. Oleh sebab itu, untuk mencegah masalah-masalah yang kemungkinan muncul sebaiknya harus rajin membersihkan wajah secara maksimal.

Lakukan dengan metode double cleansing untuk memastikan wajah benar-benar bersih. Cuci wajah minimal dua kali sehari dalam kurun waktu 1-30 detik saja. Mencuci wajah terlalu sering dan terlalu lama dapat membuat wajah menjadi kering atau bahkan bisa berakibat iritasi.

3. Perbanyak minum air putih.

foto: pexels.com

Memperbanyak minum air putih adalah salah satu cara untuk menyempurnakan proses menetralkan wajah sebelum mengganti skincare. Karena dengan mengonsumsi banyak air putih, proses biologis yang sedang berlangsung dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar ketika terjadi masalah saat proses penetralan seperti timbulnya jerawat, kulit tetap terhidrasi dan mampu melakukan proses pemulihan dengan lebih cepat.

4. Ingredients Check.

foto: pexels.com

Sebelum mengganti skincare, sebaiknya perhatikan komposisi yang tertera pada produknya. Pastikan cocok untuk jenis kulitmu. Tak hanya itu, pastikan tidak ada komposisi yang berbahaya dan penyebab alergi.

Cara menetralkan wajah ini memang terkesan sepele, tapi penting untuk dilakukan. Jika skincare kita sebelumnya sudah cocok, maka sebaiknya cari produk baru dengan kandungan serupa. Jika perlu, periksa nomor BPOM produk skincare yang akan kamu gunakan untuk mengecek keaslian produknya.

5. Melakukan skin check.

foto: pexels.com

Kulit yang biasa dirawat, diberi serum atau pelembap, kemudian dihentikan penggunaannya maka akan berubah. Kamu bisa mengatasinya dengan mencoba produk baru sembari meninggalkan produk yang lama. Saat menetralkan wajahmu dari sebuah produk skincare, atau bahkan beberapa rangkaian skincare, kulit tentu akan tetap merespons. Respons yang timbul pada setiap kulit pun berbeda-beda.

Caranya yaitu dengan menggunakan secara selang-seling dengan intensitas ringan. Jika khawatir, kamu dapat mencobanya dengan cara mengaplikasikan produk barumu di kulit leher, di bawah telinga, tunggu hingga 24 jam untuk melihat reaksi kulitmu. Apabila kulit memberikan respons negatif seperti timbul jerawat, atau gatal yang mengganggu dalam waktu lama, atau bahkan iritasi, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan mencari produk lain atau kembali ke produk lama.