Tak perlu beli baru, 6 tips perbaiki palet makeup yang pecah ini mudah dan simpel

09 / 01 / 2023 17:20 WIB

Brilio.net - Kurang rapi saat menyimpan makeup bisa membuat produk kosmetik mudah pecah. Akhirnya, produk makeup sulit digunakan atau bahkan terbuang sia-sia. Tentu bukan hanya makeup-nya yang rusak, hatimu juga pasti ikut rusak, apalagi jika itu produk yang harganya lumayan mahal.

Tetapi jangan buru-buru dibuang, karena sebenarnya makeup yang rusak atau pecah itu masih bisa kamu perbaiki dan kamu gunakan kembali. Daripada membeli yang baru lalu menghabiskan banyak uang, lebih baik melakukan beauty hacks untuk memperbaiki alat makeup.

Tidak perlu khawatir, produk makeup yang bertekstur powder seperti bedak atau eyeshadow yang pecah dan rusak bisa diperbaiki kembali. Untuk memperbaikinya, kamu mungkin akan memerlukan beberapa bahan lain seperti alkohol, tisu, plastik, dan spatula.

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah palet makeup pecah, yuk, simak 6 tips memperbaikinya agar bisa digunakan kembali, seperti briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/1).

1. Kumpulkan bubuk produk yang berhamburan.

foto: freepik.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan kembali bubuk produk yang pecah dan berhamburan ke dalam pan-nya. Gunakan spatula untuk mengambil bubuk yang sudah di luar pan. Tapi untuk bubuk produk yang sudah jatuh di luar palet, sebaiknya dibuang saja ya, karena sudah terkontaminasi. Lalu, setelah semua bubuk produk terkumpul, bersihkan palet dari percikan bubuk produk dengan menggunakan tisu basah.

2. Tutup menggunakan plastik agar tidak berantakan.

foto: freepik.com

Sebelum menghancurkan produk tersebut, tutup menggunakan plastik bersih. Langkah ini bertujuan agar bubuk yang akan dihancurkan dengan spatula tidak berantakan atau pigmen warnanya bercampur dengan warna lain. Bungkus produk hingga tertutup dengan rapat. Jika ada beberapa warna yang hancur pisahkan gumpalan yang tersisa pada warnanya masing-masing.

3. Hancurkan produk sampai menjadi bubuk halus.

foto: freepik.com

Usai produk tertutup dengan baik menggunakan plastik, hancurkan menggunakan spatula khusus makeup atau menggunakan ujung kuas makeup yang berukuran kecil. Hancurkan produk secara perlahan agar tidak berantakan dan warnanya tidak tercampur dengan warna lain. Hancurkan hingga menjadi bubuk yang halus, karena selanjutnya produk tersebut akan ditekan menggunakan alkohol dan tisu.

4. Teteskan alkohol.

foto: freepik.com

Apabila produk sudah menjadi bubuk yang halus, teteskan alkohol sedikit demi sedikit untuk menyatukan butiran pigmen produk tersebut. Pilih alkohol dengan kadar 70 persen yang sangat pas untuk memperbaiki kosmetik tanpa mengubah kualitas produknya.

Teteskan sesuai dengan seberapa banyak produknya. Aduk dengan perlahan hingga produk tersebut bisa dibentuk kembali. Pastikan jangan terlalu cair agar cepat mengering.

5. Rapikan menggunakan spatula atau sendok.

foto: freepik.com

Jika produk sudah bisa dibentuk pada wadahnya, rapikan permukaan produk menggunakan spatula atau sendok hingga rata. Ratakan mengikuti bentuk wadah hingga padat dan menyatu kembali. Setelah merata, tekan menggunakan tisu agar cairan dari alkohol menyerap pada tisu dan membuat produk menjadi lebih padat. Gunakan tisu beberapa lapis agar alkohol terserap dengan sempurna.

6. Tunggu beberapa waktu hingga mengering.

foto: freepik.com

Tips terakhir setelah produk rata, kamu bisa mendiamkan beberapa waktu sampai produk mengering dan mengeras. Kamu juga bisa membersihkan sela-sela wadah produk menggunakan tisu basah agar tidak ada bubuk yang tersisa dan hasilnya akan terlihat seperti baru.