Tak perlu jintan hitam, begini trik mengurangi tumbuhnya uban pakai hair serum dari 1 jenis minyak

11 / 08 / 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Uban atau rambut putih tidak hanya tumbuh di lansia saja. Beberapa anak muda juga sudah ada yang memiliki uban. Ada yang karena faktor genetik, kebiasaan merokok, gangguan autoimun, kelainan tiroid, hingga defisiensi nutrisi. Karena adanya uban tersebut, terkadang bikin kepercayaan diri menurun. Tapi, tidak perlu khawatir, karena uban bisa dihilangkan jika kamu rutin merawat rambut dan hidup dengan pola sehat.

Rambut putih atau uban terjadi akibat folikel rambut kehilangan pigmen akibat pertambahan usia. Hal ini membuat rambut menjadi putih. Menurut Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap awal munculnya uban. Meski begitu, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Secara alami, pertumbuhan uban tidak bisa dicegah. Setiap orang pada akhirnya akan memiliki uban ketika proses regenerasi rambut mengalami penurunan. Kamu mungkin tidak bisa sepenuhnya mencegah munculnya rambut uban, tetapi kamu bisa memperlambat pertumbuhan uban dengan perawatan rambut yang tepat. 

Namun, tidak ada pencegahan yang efektif untuk menghambat pertumbuhan uban bila uban disebabkan oleh faktor genetik. Pencegah uban mungkin bisa mengatasi kekhawatiran kamu jika pertumbuhan uban dipengaruhi oleh gaya hidup atau kondisi medis tertentu. Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini. 

Tak sedikit orang memanfaatkan jintan hitam untuk menghambat tumbuhnya uban dan menghitamkan rambutnya. Padahal ada bahan alami lainnya yang mampu menutrisi rambut dan mencegah uban tumbuh kembali lho. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @cadittas pada 4 Agustus 2022. 

Video tersebut berisi tentang trik mengurangi tumbuhnya uban pakai hair serum dari 1 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak kelapa. Selain minyak kelapa, pemilik akun menambahkan bahan lain yaitu amla powder atau bubuk amla. 

"Reverse Gray hair with this home remedy (Membalikkan rambut abu-abu dengan obat rumahan ini)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @cadittas, Jumat (11/8).

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk melembapkan dan mengatasi masalah ketombe rambut. Selain itu minyak kelapa juga memiliki kandungan yang mudah diserap ke dalam kulit dan batang rambut, sehingga memiliki efek melembapkan yang efektif. Kandungan tersebut bernama asam laurat. 

Minyak kelapa juga memiliki polifenol (antioksidan) dan vitamin E. Bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan kolagen (kehitaman) rambut. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin atau zat warna rambut.

Sementara itu, amla powder tak hanya buahnya atau minyaknya yang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Bubuk dari buah amla ini juga memiliki kandungan yang tak jauh berbeda dengan minyaknya. Buah ini diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti antioksidan, asam lemak esensial, flavonoid, dan vitamin C.

Berkat kandungannya tersebut, minyak amla dipercaya dapat memberikan beragam manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut. Amla dipercaya bisa mencegah munculnya uban, sehingga banyak produk pewarna rambut yang memasukkan kandungan ini ke dalam produknya.