Tak perlu cat rambut, ini cara atasi tumbuhnya uban berlebih di usia muda pakai 2 jenis minuman

19 / 10 / 2023 09:00 WIB

Brilio.net - Rambut putih atau yang lebih dikenal dengan sebutan uban, merupakan salah satu ciri khas sekaligus pertanda terjadinya proses penuaan di area kepala. Uban muncul akibat berkurangnya kemampuan rambut untuk menghasilkan sel-sel melanosit, atau pigmen warna, yang bertanggung jawab memberikan warna gelap pada rambut seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebapkan rambut yang tadinya hitam berangsur memudar menjadi putih keabu-abuan.

Kendati disebut sebagai proses yang terjadi akibat penuaan, uban nyatanya bisa muncul lebih awal pada generasi muda sekalipun. Dilansir dari US National Institutes of Health, studi menunjukkan bahwa kondisi stres dan tekanan psikologis menyebabkan pelepasan bahan kimia norepinefrin yang dapat mengganggu produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna rambut. Selain itu, merokok juga dapat merusak sel-sel melanosit di kepala karena nikotin dan senyawa kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung sampai harus mengecat rambut demi menyamarkan uban. Pasalnya, kamu bisa memperlambat dan mengurangi kemunculan uban menggunakan bahan-bahan alami saja. Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran teh dan kopi, seperti yang  diperagakan akun Instagram @mehra_hair_care, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (18/10).