Bukan dengan daun salam, ini trik hitamkan rambut agar bebas uban pakai 1 jenis biji rempah

24 / 09 / 2023 12:00 WIB

Brilio.net - Uban merupakan salah satu tanda terjadinya proses penuaan pada seseorang. Uban sendiri adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya, sehingga warnanya berubah menjadi putih keabu-abuan. Biasanya, uban akan muncul di rambut seseorang di umur sekitar 40 tahunan. Meski begitu, nyatanya banyak pula ditemukan kondisi dimana uban tumbuh pada orang yang masih berumur muda.

Mengapa uban dapat muncul? Hal ini terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna pada rambut lambat laun semakin berkurang. Dalam prosesnya, jumlah melanin yang semakin menurun itu membuat warna asli rambut lama-kelaaman memudar dan menjadi putih keabu-abuan.

Selain penuaan alami, kemunculan uban juga dapat dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Konsumsi rokok dapat mengalirkan zat berbahaya pada tubuh, menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan merusak folikel rambut, sehingga rambut pun jadi rontok dan beruban.