7 Kegunaan shea butter bagi rambut, bantu kurangi ketombe

29 / 03 / 2023 10:10 WIB

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering dikeluhkan banyak orang. Penyebab timbulnya ketombe pada rambut adalah karena kulit kepala yang kering. Permasalahan ini bisa kamu atasi dengan menggunakan produk dengan kandungan yang dapat mengembalikan kelembapan kulit kepala, salah satunya dengan menggunakan shea butter.

Dengan kandungan vitamin A, vitamin E dan konsentrasi asam lemak yang tinggi, shea butter dapat melembapkan kulit kepala sehingga membantu untuk mengatasi dan mengurangi ketombe.

2. Mencegah kerusakan rambut.

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Memiliki rambut sehat tentunya merupakan dambaan bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Rambut yang sehat ini bisa didapatkan dengan menggunakan salah satu bahan alami yakni shea butter.

Hal ini karena konsentrasi asam lemak yang tinggi dalam shea butter membuat produk ini dapat dengan mudah meresap kedalam lapisan rambut dan membantu menyehatkan rambut sehingga terhindar dari kerusakan.

3. Mencegah kerontokan rambut.

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Permasalahan rambut yang sering terjadi pada sebagian orang adalah rambut yang rontok. Rambut rontok tentunya bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian maupun penampilan. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan shea butter sebagai bahan alami yang dapat mencegah kerontokan rambut.

Hal ini karena kandungan vitamin A yang ada pada shea butter dapat membantu melembapkan kulit kepala sehingga rambut tidak mudah kering dan rontok. Selain itu kandungan vitamin A dalam shea butter ini juga dapat membantu pertumbuhan pada rambut.

4. Mengatasi rambut kering dan bercabang.

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Memiliki rambut kering dan bercabang akan sangat mengganggu penampilan, maka dari itu kamu memerlukan produk atau bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan rambut itu. Salah satunya adalah dengan menggunakan shea butter.

Diperkaya dengan vitamin A dan E serta asam lemak esensial, shea butter ini dipercaya dapat menyembuhkan serta melembapkan kulit kepala serta rambut. Kandungan asam lemak yang ada juga bisa mengunci kelembapan sehingga dapat mengatasi rambut kering dan bercabang.

5. Mengurangi iritasi kulit kepala.

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Kulit kepala yang gatal tentunya akan sangat mengganggu aktivitas keseharianmu. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, bisa karena permasalahan rambut seperti ketombe maupun iritasi kulit kepala.

Iritasi kulit kepala ini bisa kamu atasi dengan menggunakan bahan alami salah satunya adalah shea butter. Dengan sifat antiinflamasi yang ada di dalamnya, shea butter dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit kepala.

6. Mencegah rambut patah.

Kegunaan shea butter bagi rambut
freepik.com

Rambut patah disebabkan beberapa faktor seperti paparan sinar matahari maupun pengaruh kandungan kimia yang terpapar pada rambut. Namun tak perlu khawatir karena dengan menggunakan shea butter kamu bisa mencegah rambut patah dan menjadikannya lebih sehat. Hal tersebut tentunya karena kandungan vitamin E dan A yang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat memperkuat rambut.

7. Mencegah munculnya uban.

foto: freepik.com

Kegunaan shea butter bagi rambut selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya uban. Hal ini tentu disebabkan karena vitamin E yang ada pada shea butter dapat memperlambat proses penuaan termasuk pada rambut. Vitamin E pada shea butter juga dapat mencegah kerusakan jaringan sehingga dapat mengurangi munculnya uban.

Magang: Luthfiah Ulfiani